MA Bela Sarpin, KY Segera Rapat Pleno

Apabila KY menerima putusan MA, maka hukuman nonpalu untuk hakim Sarpin menjadi tidak berlaku lagi.

BERITA , NASIONAL

Rabu, 19 Agus 2015 20:57 WIB

Author

Yudi Rachman

MA Bela Sarpin, KY Segera Rapat Pleno

Kantor Komisi Yudisial. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Komisi Yudisial (KY) belum mengambil sikap terkait keputusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak rekomendasi KY atas dugaan pelanggaran etik yang dilakukan hakim Sarpin Rizaldi.

Anggota Komisi Yudisial Imam Anshori Saleh mengatakan, KY akan melakukan rapat pleno untuk menentukan tindak lanjut keputusan Mahkamah Agung tersebut.

Apabila KY menerima putusan MA, maka hukuman nonpalu untuk hakim Sarpin menjadi tidak berlaku lagi.

"Saya tidak tahu karena saya belum menemui semua komisioner. Apakah dibiarkan atau dibicarakan lebih lanjut," jelas Anggota Komisi Yudisial Imam Anshori Saleh kepada KBR, Rabu (19/8).

Sebelumnya, Mahkamah Agung menolak rekomendasi Komisi Yudisial terkait dugaan pelanggaran kode etik hakim Sarpin Rizaldi dalam memutus perkara praperadilan perwira polisi Budi Gunawan.

Dalam keputusan itu, Mahkamah Agung tidak menemukan adanya pelanggaran etika yang dilakukan hakim Sarpin Rizaldi.

Keputusan MA itu juga membatalkan keputusan Komisi Yudisial yang sebelumnya menghukum nonpalu Hakim Sarpin alias tidak boleh menangani perkara untuk sementara waktu.

Editor: Agus Luqman
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rawan Kriminalisasi Kelompok Rentan, Aktivis Minta RKUHP Ditolak