Bagikan:

Hampir di Seluruh Provinsi, Harga Daging Sapi di Atas Rp100 Ribu

Hanya empat provinsi yang masih di bawah Rp 100 ribu.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 11 Agus 2015 09:30 WIB

Hampir di Seluruh Provinsi, Harga Daging Sapi di Atas Rp100 Ribu

ilustrasi pedagang sapi. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jakarta - Kementerian Perdagangan menyatakan harga rata-rata daging sapi di 30 provinsi sudah di atas Rp 100 ribu. Hanya empat provinsi yang masih di bawah Rp 100 ribu.

Kementerian Perdagangan juga menyebut ada perbedaan faktor meroketnya harga sapi di Jawa bagian barat dengan di daerah-daerah lain. 

"Selain di Jawa Barat, harga tinggi karena masalah logistik. Karena yang dibawa dari pusat itu sapi hidup. Misalnya di Lampung. Sehingga biaya transportasi lebih mahal dari biaya sapi yang sudah dipotong," kata Gobel di Kantor Presiden, Senin (10/8/2015).

Rahmat Gobel menambahkan, untuk di luar Jawa ia mengupayakan penyebaran penggemukan sapi. Selain itu pula kementeriannya ingin mengubah cara distribusi daging sapi.

Gobel mensinyalir melangitnya harga daging sapi di Jakarta dan Jawa Barat bukan disebabkan distribusi. Melainkan karena feedloter tidak mengeluarkan sapi-sapinya.

Sebelumnya pedagang sapi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat sepakat untuk mogok berjualan sejak Minggu kemarin hingga Rabu esok. Ini lantaran harga daging terus meningkat sejak lebaran. Bahkan mencapai Rp 140 ribu. Para pedagang mengaku rugi karena pembeli berkurang.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Bokek Bikin Stres?

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8