BERITA

GAPMMI Minta Impor Garam untuk Industri Tetap Jalan

"Pengusaha menolak usulan pengetatan impor garam Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti karena akan buat pengusaha kekurangan bahan baku industri."

Aika Renata

Pabrik garam. Foto: Antara
Pabrik garam. Foto: Antara

KBR,Jakarta- Pengusaha menolak usulan pengetatan impor garam Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti. Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Sriboga Suratmo menyatakan kebijakan tersebut akan membuat pengusaha kekurangan bahan baku industri. Oleh karena itu, pihaknya meminta pemerintah untuk tetap menjalankan impor garam untuk industri, namun dengan pengawasan yang lebih baik.

"Yang diimpor bukan garam biasa tapi garam industri atau raw salt. (Pengusaha) bukan tidak berdampak, kan jadi kurang bahan bakunya. Kita usul impor garam tetap dibuka tapi diawasi. Kuotanya itu diatur, tapi dengan cara mereka (KKP) punya data kebutuhan industri atas garam murni berapa," kata Sriboga Suratmo, Rabu (5/8/2015).


Sebelumnya, Menteri KKP Susi Pudjiastuti mengusulkan pengetatan garam impor karena dinilai melemahkan daya saing industri dalam negeri. Usulan kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mengatur kuota garam impor. 

Editor: Malika

  • impor garam
  • Susi Pudjiastuti
  • Sriboga Suratmo
  • GAPMMI
  • raw salt

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!