BNPB Bentuk Tim Percepatan Penanganan Dampak Sinabung

Tim Pendampingan Nasional itu dimaksudkan agar penanganan dampak erupsi Gunung Sinabung berlangsung lebih cepat dan lebih baik. Tim juga dimaksudkan untuk menampung aspirasi masyarakat sekitar.

BERITA | NASIONAL

Senin, 17 Agus 2015 22:26 WIB

Author

Agus Lukman

BNPB Bentuk Tim Percepatan Penanganan Dampak Sinabung

Seorang warga membopong anaknya sambil mengawasi awan erupsi Gunung Sinabung. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membentuk tim percepatan penanganan dampak erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumatera Utara, pada Senin (17/8/2015).

Tim bernama Tim Pendampingan Nasional itu dimaksudkan agar penanganan dampak erupsi Gunung Sinabung berlangsung lebih cepat dan lebih baik, seperti disampaikan BNPB melalui rilis kepada media, termasuk KBR.

Juru bicara BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut, tim ini juga dimaksudkan untuk menampung aspirasi masyarakat sekitar Gunung Sinabung yang berharap mereka dapat kembali menata kehidupannya lebih baik. TPN ini diresmikan oleh Kepala BNPB, Syamsul Maarif, di Kantor Pemerintah Kabupaten Karo setelah memperingati detik-detik kemerdekaan RI bersama Bupati dan Unsur Muspida Tanah Karo di Stadion Kabanjahe.

TPN mempunyai tugas memberikan bantuan, fasilitasi dan pengerahan sumber nasional lainnya untuk membantu pemerintah daerah dan masyarakat korban bencana. Terutama pembangunan hunian bagi 370 keluarga terdampak erupsi Sinabung, serta pembangunan jalan prioritas sepanjang tiga kilometer dari Puncak 2000 menuju Siosar. Di samping itu, Tim juga bertugas mengawasi pengerjaan lahan pertanian seluas 185 hektar, agar target penyelesaian pada 25 Desember 2015 bisa tercapai.

"TPN akan mengkoordinasikan potensi kabupaten, provinsi dan nasional sesuai teori vertizontal dalam penanganan bencana. Artinya pemerintah pusat dan daerah, lembaga lainnya serta masyarakatnya bersama-sama bekerja membangun kembali kehidupan dan penghidupan masyarakat korban erupsi. Sinabung adalah kita", ujar Syamsul Maarif.

Tim TPN dipimpin oleh Bambang Sulistyanto, Deputi Logistik dan Peralatan selaku Ketua Tim. Tim akan mulai bekerja Selasa (18 Agustus) dengan menyusun program, strategi dan kebijakan percepatan Penanganan Bencana Sinabung bersama perwakilan KL terkait dan Pemerintah Daerah.

Tim TPN akan berkantor sementara di Kodim 02/05 Kabanjahe dan juga akan membangun "Rumah Komunikasi" di Siosar sebagai wadah diskusi dan dialog dengan masyakarakat untuk percepatan. Selain fokus pada insfrastruktur, TPN juga akan memperhatikan potensi ekonomi produktif masyarakat korban bencana Sinabung untuk mempunyai profesi alternatif lain.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18