BERITA

Akhir Agustus, Jokowi Akan Umumkan Delapan Calon Pimpinan KPK

Akhir Agustus, Jokowi Akan Umumkan Delapan Calon Pimpinan KPK

KBR, Jakarta- ­ Presiden Joko Widodo berencana mengumumkan langsung delapan nama calon pimpinan KPK yang lolos tahap empat, yakni tes kesehatan dan wawancara. Nama-­nama itu selanjutnya akan diserahkan ke DPR untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan. Juru Bicara Pansel KPK, Betty Alisjahbana mengatakan, tugas Tim Sembilan hanya membantu presiden untuk menyeleksi. Namun, jika pada 31 Agustus saat penyerahan nama-­nama tersebut, presiden ingin Pansel KPK yang mengumumkan, maka pihaknya akan mengumumkannya. 

"Tapi kalau presiden ingin memikirkannya lagi sebelum mengajukannya ke DPR ya itu wewenangnya presiden. Karena kan kita sebetulnya membantu presiden untu k menyeleksi, dan nama­namanya itu akan diserahkan ke DPR untuk di­fit and proper." jelas Betty, Kamis (13/8/2015)

Sebelumnya, Pansel KPK mengumumkan 19 nama calon pimpinan KPK yang lolos ke tahap berikutnya. Mereka terdiri dari empat calon perempuan, dan 15 calon pria. Antara lain Pelaksana tugas Wakil Pimpinan KPK, Johan Budi, dan Kapolda Papua Yotje Mende. Ke­19 calon ter rsebut selanjutnya akan menjalani tes kesehatan dan wawancara pada 24­26 Agustus mendatang.

  • Pansel KPK
  • capim kpk
  • pengumuman capim kpk
  • jokowi
  • Juru bicara Tim Pansel KPK Betty Alisjahbana

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!