covid-19

50% Terumbu Karang Indonesia dalam Keadaan Baik

Salah satu faktor yang memicu rusaknya terumbu karang di wilayah Indonesia adalah masuknya limbah-limbah yang dibuang ke laut.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 06 Agus 2015 14:11 WIB

Author

Nurjiyanto

50% Terumbu Karang Indonesia dalam Keadaan Baik

Terumbu Karang. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Direktur Program Coral Triangle dari WWF-Indonesia, Wawan Ridwan menganggap Indonesia diuntungkan dengan ketahanan terumbu karang yang ada saat ini. Hal tersebut memicu perbaikan secara alamiah yang cenderung lebih cepat ketimbang daerah lain. Namun ia mengimbau keadaan tersebut harus juga dibarengi dengan komitmen perawatan yang konkret agar keadaan terumbu karang tetap terjaga.

"Berdasarkan data riset, yang masih pristine betul sekitar 6%, tetapi yang 50% dalam kondisi baik, dan sisanya memang sudah rusak. Cuman Indonesia itu diuntungkan risilencenya tinggi sekali dengan dinamika arus yang luar biasa. Jadi kalau kita ada komitmen untuk bisa mengurangi kerusakan -kerusakan itu, insyallah dalam waktu dekat kita sudah tangguh," katanya, Kamis (6/8/2015).

Ia juga mengatakan, bahwa salah satu faktor yang memicu rusaknya terumbu karang di wilayah Indonesia adalah masuknya limbah-limbah yang dibuang ke laut. Ia menganggap walaupun hukum perairan internasional melarang pembuangan limbah ke zona perairan yang dimiliki oleh negara lain, sifat limbah yang cair akan tidak akan mengendap di wilayah samudra saja. Limbah-limbah tersebut nantinya akan terbawa arus air dan mengendap di kawasan negara kepulauan seperti Indonesia. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 7

Akses Pendidikan untuk Asa Masa Depan Anak Pemulung