NASIONAL

Tentukan Rupiah Tahun Depan, Pemerintah Klaim Sesuaikan The Fed

"Pemerintah memastikan Rancangan APBN 2015 sudah memasukkan asumsi bahwa Bank Sentral Amerika, The Fed akan menaikkan suku bunga pada tahun depan."

Tentukan Rupiah Tahun Depan, Pemerintah Klaim Sesuaikan The Fed
mata uang, the fed, dollar

KBR, Jakarta- Pemerintah memastikan Rancangan APBN 2015 sudah memasukkan asumsi bahwa Bank Sentral Amerika, The Fed akan menaikkan suku bunga pada tahun depan.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan karena itu nilai tukar Rupiah terhadap Dolar dipatok di angka Rp 11.900. Kenaikan suku bunga The Fed akan berdampak pada pelemahan Rupiah serta harga komoditas sehingga Indonesia dan negara berkembang lainnya akan mengalami perlambatan pertumbuhan ekonominya.

“RAPBN 2015 harus diubah oleh pemerintahan baru. APBN kan harus mencerminkan visi misi presiden terpilih. Sementara yang dibahas sekarang adalah RAPBN sehingga RAPBN sekarang hanya sifatnya baseline, “ kata Menteri Keuangan Chatib Basri di Gedung Bank Indonesia.

Dalam APBN Perubahan 2014, nilai tukar Rupiah terhadap Dolar dipatok di Rp 11.600.

Sementara itu Menteri Keuangan Chatib Basri juga menilai asumsi pertumbuhan ekonomi 5,6 persen yang ditetapkan dalam RAPBN 2015 sudah optimistis dan sesuai dengan perkembangan ekonomi global 2015.


Editor: Dimas Rizky

  • mata uang
  • the fed
  • dollar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!