RS di Indonesia Waspada Kedatangan Ebola

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan akan mengaudit rumah sakit rujukan penyakit menular untuk mengantisipasi endemi virus Ebola.

NASIONAL

Minggu, 10 Agus 2014 23:11 WIB

Author

Yudi Rachman

RS di Indonesia Waspada Kedatangan Ebola

ebola, afrika barat, amerika

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan akan mengaudit rumah sakit rujukan penyakit menular untuk mengantisipasi endemi virus Ebola.

Direktur Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan, Slamet menjelaskan, hal itu dilakukan untuk memastikan kesiapan sarana dan peralatan untuk merawat endemi penyakit menular seperti MERS, Flu Burung dan Ebola. Di Indonesia ada sekira 100 rumah sakit rujukan penyakit menular dan berbahaya.

"Kami sadar bahwa beberapa waktu yang lalu kita memiliki rumah sakit rujukan tetapi kita perlu assesment lagi, kondisi di lapangan, kondisi rumah sakit seperti apa kita perlu assesment lagi. Kami tidak yakin betul, 100 rumah sakit yang dulu menjadi rujukan rumah sakit untuk kasus flu burung. Apakah itu alatnya masih ada? Itu perlu assesment lagi, kita sadari itu," ungkap Slamet ketika dihubungi KBR, Minggu (10/8).

Sebelumnya, wabah virus Ebola yang bermula di Afrika sudah menewaskan lebih dari 1.500 orang di Afrika. Organisasi kesehatan PBB WHO telah mengumumkan situasi epidemi terbaru Ebola pada 6 Agustus 2014 lalu.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ruang Hidup Transpuan Tergusur Pandemi

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jokowi Tak Setuju Napi Koruptor Dibebaskan di Masa Pandemi Korona