Riset Setara Institute: Mahkamah Konstitusi Masih Tunjukkan Performa Baik

KBR, Jakarta - LSM Setara Institute menilai manajerial dan kinerja kelembagaan Mahkamah Konstitusi (MK) pasca kasus suap Akil Mochtar masih menunjukan peforma yang baik.

NASIONAL

Senin, 18 Agus 2014 14:34 WIB

Author

Luviana

Riset Setara Institute: Mahkamah Konstitusi Masih Tunjukkan Performa Baik

riset, setara, MK

KBR, Jakarta - LSM Setara Institute menilai manajerial dan kinerja kelembagaan Mahkamah Konstitusi (MK) pasca kasus suap Akil Mochtar masih menunjukkan peforma yang baik. Demikian hasil riset Setara Institute.

Dalam riset ini, Setara mengumpulkan dan meneliti putusan MK periode 9 Agustus 2013 hingga 17 Agustus 2014. Riset ini dilakukan dengan cara mengukur kinerja MK dan kontribusinya pada pemajuan hak kontitusional warga negara. Riset ini didedikasikan dalam rangka peringatan hari konstitusi yang jatuh pada Senin (18/8/2014) hari ini.

Peneliti Setara Institute Ismail Hasani mengatakan, dari kajian yang mereka lakukan terlihat bahwa selama 19 Agustus 2013 hingga 17 Agustus 2014 MK telah mengeluarkan 107 putusan. Jika dibandingkan tahun 2012 lalu MK hanya mampu mengeluarkan 97 putusan. Hal ini menurut Ismail berarti peristiwa penangkapan Akil, tak mengganggu kinerja MK dalam memutuskan perkara.

"Dari 107 putusan, Mahkamah Konstitusi mengabulkan 24 perkara dan menolak 36 perkara. Selanjutnya Mahkamah Konstitusi juga mengeluarkan 7 ketetapan, umumnya terkait dengan penarikan perkara, dan 2 perkara dinyatakan gugur," kata Ismail.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Sebut Sertifikasi Layak Nikah Tak Wajib

Super You by Sequis Online, Asuransi Online untuk Milenial