Polisi Minta Pemda Bubarkan Ormas Pendukung ISIS

KBR, Jakarta - Kepolisian Indonesia meminta pemerintah daerah membubarkan organisasi masyarakat yang mendukung Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS).

NASIONAL

Sabtu, 09 Agus 2014 19:08 WIB

Author

Guruh Riyanto

Polisi Minta Pemda Bubarkan Ormas Pendukung ISIS

isis, ormas islam, polisi

KBR, Jakarta - Kepolisian Indonesia meminta pemerintah daerah membubarkan organisasi masyarakat yang mendukung Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS). Juru Bicara Kepolisian Indonesia Boy Rafli Amar mengatakan, Undang-undang Ormas memungkinkan pembubaran gerakan radikal tersebut. Langkah ini dianggap berguna untuk mencegah kegiatan organisasi itu sebelum melakukan kejahatan. (Baca:WNI Pengikut ISIS Dikhawatirkan Membentuk Kelompok Teror di Indonesia)

"Tidak boleh mengusung sentimen yang bersifat SARA. Jadi, kegiatannya bisa dihentikan untuk mencegah. Dan itu di UU 17/2013 sangat jelas. Jadi, tidak harus ditangkap lalu diproses hukum. Dilihat dulu kadar kesalahannya berdasarkan unsur-unsur yang dibuat mereka sendiri," kata Juru Bicara Kepolisian Indonesia Boy Rafli Amar di Kementerian Agama, Sabtu (9/08).

Sebelumnya, berbagai deklarasi dukungan terhadap organisasi radikal ISIS bermunculan di berbagai wilayah di Indonesia. ISIS mendapat banyak kecaman dunia internasional karena tak segan-segan menggunakan kekerasan untuk menegakkan negara Islam. Di Indonesia, ISIS turut merekrut anggotanya bahkan dengan terang-terangan menyebar video ajakan bergabung di internet.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kesiapan Mental sebelum Memutuskan Menikah

Kabar Baru Jam 8

Setahun Pandemi dan Masalah "Pandemic Fatigue"

Kabar Baru Jam 10