NASIONAL

Pembatasan Solar Bersubsidi Akan Diperluas di Seluruh Jakarta

"KBR, Jakarta - Pembatasan penjualan solar bersubsidi akan diperluas di semua SPBU di kawasan Provinsi DKI Jakarta. Pihak DKI Jakarta dan Organda sudah mendukung rencana ini."

Khusnul Khotimah

Pembatasan Solar Bersubsidi Akan Diperluas di Seluruh Jakarta
organda, angkutan umum, solar

KBR, Jakarta - Pembatasan penjualan solar bersubsidi akan diperluas di semua SPBU di kawasan Provinsi DKI Jakarta. Pihak DKI Jakarta dan Organda sudah mendukung rencana ini.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo menjelaskan sampai saat ini masih dikaji letak SPBU yang akan menjual solar secara terbatas. Nantinya sejumlah angkutan umum dengan trayek tertentu akan menjadi sasaran pembatasan. Mereka tidak bebas membeli solar lagi.

"Jadi Kopaja, yang plat-plat kuning lah. Jadi kalau ada trayek yang pendek seperti Manggarai ke mana akan kita pertimbangkan. Toh, jumlahnya juga tak banyak. Keberpihakan untuk transportasi publik juga harus,“ jelas Wakil Menteri ESDM Susilo Siswo Utomo.

Sejak 1 Agustus lalu sebagian SPBU di Jakarta Pusat tak boleh lagi menjual solar bersubsidi. Sebab wilayah ini merupakan kawasan kelas menengah ke atas.

Namun karena keberatan yang disampaikan para supir angkutan umum, beberapa SPBU akhirnya dikecualikan. Pengendalian penjualan solar ini dilakukan pemerintah agar kuota solar bersubsidi masih ada hingga akhir tahun.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • organda
  • angkutan umum
  • solar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!