November, Pulau Jawa Mulai Hujan

Bulan September-Oktober masih masa transisi.

NASIONAL

Minggu, 31 Agus 2014 11:12 WIB

Author

Eli Kamilah

November, Pulau Jawa Mulai Hujan

November, Jawa, musim hujan

KBR, Jakarta - Awal musim hujan bakal tiba pada awal bulan November. 


Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Syaifudin menjelaskan, September hingga Oktober, sebagian Jabodetabek dan pulau Jawa umumnya masih mengalami transisi, dari musim kemarau ke musim hujan. Khusus bagian selatan Jabodetabek, seperti Jakarta Selatan, Depok dan Bogor potensi hujan terjadi pada sore hingga malam hari dengan intensitas ringan dan sedang.


"Awal musim hujan untuk pulau Jawa, bulan November sudah memasuki, tetapi September Oktober masih transisi. Untuk Jakarta dan Jawa Barat untuk tiga hari ke depan potensi hujan masih ada intensitas ringan maupun sedang, terjadi sore menjelang malam. Sementara untuk pagi jelang siang cenderung panas, kisaran 33-34 derajat celcius," kata Saifudin, Minggu (31/8).


Tinggi gelombang di sejumlah perairan Indonesia masih berkisar 2-3 meter dengan kecepatan angin sekitar 20 knot. Syaifudin memastikan untuk layanan penyeberangan masih aman, misalnya Batam ke Kepulauan Riau, Bali ke wilayah Lombok dan Bakaheuni ke Merak. Cuaca diperkirakan cerah berawan pada siang hari.


Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Zero Waste, Ubah Salak Jadi Aneka Rupa

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18