Menkes: Jumlah Pengidap HIV Terus Turun

Kementerian Kesehatan mengklaim jumlah pengidap HIV menurun. Hal ini berdasarkan laporan yang disusun oleh Kementerian Kesehatan dari 2006-2014.

NASIONAL

Selasa, 05 Agus 2014 16:45 WIB

Author

Wiwik Ermawati

Menkes: Jumlah Pengidap HIV Terus Turun

hiv, aids, menkes

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan mengklaim jumlah pengidap HIV menurun. Hal ini berdasarkan laporan yang disusun oleh Kementerian Kesehatan dari  2006-2014. 


Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengatakan jumlah sementara pengidap HIV positif hingga Juni 2014 berjumlah 15 ribuan orang lebih. Sementara pada tahun lalu jumlahnya mencapai 120 ribuan orang. Meski begitu angka tersebut masih bisa bertambah. 


Namun Menkes yakin angka tersebut dapat terus turun lantaran program penggunaan obat Anti-retroviral (ARV) dan adanya pemeriksaan berkala terhadap masyarakat yang diduga terjangkit virus tersebut. 

 

“Juga konseling dan testing kita tingkatkkan. Kalau tahun 2006 hanya ada 100 layanan untuk jumlah yang dites. Maka tahun 2013 sudah 1062, jadi meningkat 10 kali lipat. Yang dites pun kita tingkatkan secara sadar, kalau tahun 2006 hanya 71 ribu yang dites, maka tahun 2014 dalam enam bulan ini 529 ribu,”kata Nafsiah. 


Nafsiah Mboi menargetkan pada tahun ini sekitar 1,2 juta orang akan menjalani pemeriksaan virus HIV. Sehingga dengan pemeriksaan dini tersebut jumlah pengidap HIV dapat turun. 


Sementara penurunan juga terjadi pada bayi yang tertular HIV yang dilahirkan dari seorang ibu yang mengidap virus tersebut. Kementerian Kesehatan mencatat  pada tahun 2013 jumlah bayi pengidap HIV berjumlah 91 orang. Sementara pada Juni 2014 mencapai 54 orang.


Editor: AntoniuS Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

KPK akan Mati Suri, Jokowi Didesak Keluarkan Perpu