Komnas HAM Pantau Penangkapan 21 Orang di Sentani Papua

KBR, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menerjunkan tim untuk memantau 21 orang yang ditangkap polisi di Sentani, Jayapura, Papua

NASIONAL

Kamis, 14 Agus 2014 23:05 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Komnas HAM Pantau Penangkapan 21 Orang di Sentani Papua

komnas, sentani, penangkapan

KBR, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menerjunkan tim untuk memantau 21 orang yang ditangkap polisi di Sentani, Jayapura, Papua. Kepala Perwakilan Komnas HAM di Papua, Frits Ramandey mengatakan, ia ingin meyakinkan 21 tahanan tersebut diperlakukan tanpa kekerasan. Pasalnya, tahanan yang ditangkap dengan tuduhan makar rentan disiksa. Untuk itu, Komnas HAM meminta kepolisian menuntaskan kasus ini dengan cepat.

"Kapolres sudah menyanggupi dan mereka akan melakukan proses ini dengan cepat dan akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Mereka akan menetapkan orang-orang sebagai tersangka. Hingga sekarang, empat orang sudah menjadi tersangka dari 21 orang. Ini yang kita harap sehingga mereka yang menjadi simpatisan dimintai keterangan dan kembali ke rumah seperti biasa," kata Kepala Perwakilan Komnas HAM di Papua, Frits Ramandey ketika dihubungi KBR, Kamis (14/08/ 2014) hari ini.

Minggu lalu, kepolisian Sentani menangkap 21 orang ketika tengah berkumpul. Kepolisian menuding mereka tengah menyiapkan makar. Setelah penggerebekan, kepolisian menahan mereka semua.Namun, kepolisian akhirnya memperbolehkan 5 orang di antaranya untuk pulang. Sebab, mereka merupakan anak-anak dan perempuan.


Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan