ICW Desak KY Selidiki Hakim Agung Timur Manurung

LSM antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Yudisial (KY) menyelidiki vonis putusan bebas koruptor oleh Hakim Agung Timur Manurung

NASIONAL

Senin, 04 Agus 2014 00:05 WIB

Author

Rio Tuasikal

ICW Desak KY Selidiki Hakim Agung Timur Manurung

KY, hakim agung, koruptor, vonis bebas

KBR, Jakarata - LSM antikorupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Yudisial (KY) menyelidiki vonis putusan bebas koruptor oleh Hakim Agung Timur Manurung. Pasalnya, menurut aktivis ICW, Emerson Yuntho, dalam persidangan yang dipimpin Timur Manurung selama Januari-Juni 2014 ada  6 terdakwa yang bebas dari 22 terdakwa yang disidang. Untuk itu pihaknya berencana ke KY untuk  menelusuri kejanggalan vonis yang diputus Timur Manurung.

"Kalau memang ada indikasi atau kecenderungan yang janggal, seharusnya Komisi Yudisial bisa berinisiatif menelisik wajar tidaknya penjatuhan vonis bebas untuk terdakwa kasus korupsi yang dipimpin oleh Timur Manurung," kata Emerson kepada wartawan di kantor ICW, Jakarta, Minggu (8/3) siang.

ICW mencatat tren hukuman buat koruptor masih rendah dan tidak memberikan efek jera. Pada Januari-Juni 2014, ada 261 terdakwa korupsi yang disidang. Sebanyak 20 orang dibebaskan, 193 orang dihukum ringan, 44 orang dihukum sedang, dan hanya 4 orang dihukum berat. Koruptor rata-rata hanya dipenjara 2 tahun 9 bulan.

Editor: Taufik Wijaya

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10