NASIONAL

Hanya Jual BBM Non-Subsidi, Pertamina Janjikan Kompensasi

"PT Pertamina menjanjikan kompensasi kepada Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas)"

Ninik Yuniati

Hanya Jual BBM Non-Subsidi, Pertamina Janjikan Kompensasi
SPBU, BBM Non-Subsidi, Solar, Pertamax

KBR, Jakarta - PT Pertamina menjanjikan kompensasi kepada Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas), bila menjual solar non-subsidi dan pertamax dex. Wakil Sekretaris Hiswana Migas Syarif Hidayat mengatakan, kompensasi itu diberikan guna menutupi kerugian penurunan omzet akibat penghapusan dan pembatasan solar bersubsidi yang mulai diberlakukan Kamis kemarin. Kompensasi berupa kenaikan selisih harga di produk non-subsidi seperti pertamax dan pertamax plus.

"Jadi marginnya dinaikkan, margin untuk pertamaxnya dinaikkan jadi 400 per liter, dari 325. Jadi ada kompensasi, karena ada penurunan penjualan solar. Kompensasi ini, walaupun tidak bisa menutupi kehilangan omzet, tapi lumayanlah untuk menutupi kerugian," kata Syarif Hidayat, (8/2).

Syarif Hidayat menambahkan, terkait kebijakan harga, pihaknya lebih sepakat kenaikan harga daripada pembatasan penjualan. Menurutnya, kenaikan harga yang jelas, dinilai lebih memudahkan pengusaha dalam mengatur bisnis.

Pemerintah akan menerapkan kebijakan pembatasan solar bersubsidi secara nasional Senin lusa. Konsumen solar bersubsidi hanya diperbolehkan membeli mulai pukul 08:00 sampai pukul 18:00 WIB. Kebijakan ini diujicoba di Jakarta Pusat dengan menerapkan larangan menjual solar bersubsidi sejak 1 Agustus, kemarin.(Baca: Pembatasan Solar Bersubsidi Akan Ganggu Distribusi Logistik)


Editor: Sutami

  • SPBU
  • BBM Non-Subsidi
  • Solar
  • Pertamax

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!