BATAN: Penggunaan Teknologi Nuklir hanya Butuh Keputusan Politik

Realisasi penggunaan teknologi nuklir untuk kepentingan komersil di Indonesia saat ini tinggal menunggu keputusan politik pemerintah.

NASIONAL

Kamis, 28 Agus 2014 07:36 WIB

Author

Sindu Dharmawan

BATAN: Penggunaan Teknologi Nuklir hanya Butuh Keputusan Politik

batan, PLTN, nuklir

KBR, Jakarta- Realisasi penggunaan teknologi nuklir untuk kepentingan komersil di Indonesia saat ini tinggal menunggu keputusan politik pemerintah. 


Kepala Pusat Teknologi Reaktor dan Keselamatan Nuklir, BATAN, M. Dhandang Purwadi mengatakan, tanpa adanya keputusan politik dan komitmen pemerintah, penggunaan energi nuklir sulit terealisasi. 


Padahal, Dhandang mengklaim, lembaganya sudah menyiapkan 19 infrastruktur yang mencakup berbagai aspek, termasuk keamanan dan sumber daya manusia.


"Membutuhkan long term konsistensi dari govermental of politic decision, keputusan politik long term. Ya, karena pembangunannya saja membutuhkan kurang lebih 10 tahun dari awal start, itu 10 tahun,” kata Dhandang. 


“Kalau tidak long term politik dari pemerintah itu tidak konsisten, maka bisa saja baru setengah lalu tidak setuju, lalu berhenti. Itu bisa saja. Maka itu keputusan politik dari pemerintah yang benar-benar tegas, clear dan long term itu dibutuhkan.”


M. Dhandang Purwadi menambahkan, penggunaan energi nuklir untuk komersil, semisal listrik, kelak akan dipakai oleh Indonesia. 


Sebelumnya, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menyatakan Indonesia lulus fase pertama pengembangan infrastruktur pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Fase pertama ini terkait dengan kesiapan infrastruktur untuk penetapan pelaksanaan proyek pembangunan PLTN.


Editor: Antonius Eko 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Dampak Tambang terhadap Lingkungan di Sulawesi Tenggara dan Tengah

NFT, New Kid on the Block (chain)

Kabar Baru Jam 8

Seruan Penolakan Bibit-Bibit Kekuasaan Mutlak