21 Gunung Api Dilarang Untuk Didaki

KBR, Bandung - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melarang pendakian 21 gunung api yang ada di Indonesia selama Agustus 2014.

NASIONAL

Jumat, 08 Agus 2014 18:45 WIB

Author

Arie Nugraha

21 Gunung Api Dilarang Untuk Didaki

larangan, pendakian, gunung

KBR, Bandung - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melarang pendakian 21 gunung api yang ada di Indonesia selama Agustus 2014. Alasannya 3 gunung api tersebut berstatus siaga dan 18 gunung api lainnya berstatus waspada. Hal ini disebabkan karena adanya kenaikan aktivitas vulkanik gunung api.

Menurut Kepala Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Hendra Gunawan larangan serupa diberlakukan untuk Gunung Kelud meski statusnya telah diturunkan dari waspada menjadi normal sejak Kamis (7/8/2014) kemarin.

"Tidak boleh turun ke dasar kawah. Tidak boleh turun ke sungai yang berhulu di Gunung Kelud. Itu kan jalannya masih licin terus masih ada keluar gas kecil. Itu kalau sore ataupun hujan, mendung kan kena matahari, maka gasnya menjadi racun," ujarnya di Kantor PVMBG, jalan Dipenogoro, Bandung  Jumat (8/8/ 2014) hari ini.

Hendra Gunawan mengatakan bahwa masyarakat juga tidak boleh mendekati sungai yang berhulu dari Gunung Kelud karena masih dialiri lahar. Ancaman dari sungai yang dipenuhi oleh lahar terhadap pengunjung, kata Hendra, ketika hujan turun yang diprediksikan saat ini akan memasuki musim penghujan.

PVMBG meminta setiap pemerintah daerah setempat untuk menginformasikan rekomendasi ancaman gunung api yang telah dikeluarkan oleh otoritas vulkanologi mitigasi bencana.




Editor: Luviana

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Arab Saudi Akan Gratiskan Vaksin Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Polemik TNI 'cawe-cawe' Copoti Baliho Rizieq Shihab

Kabar Baru Jam 8

Wagub DKI Ingatkan Sanksi Bagi Penolak Tes Covid-19 di Petamburan