Perusahaan Bawang Putih Tertipu 2,2 Miliar

KBR68H, Jakarta - Kepolisian Indonesia memburu pelaku pencucian uang melalui dunia maya dengan nama Foshan Zebro.

NASIONAL

Jumat, 30 Agus 2013 21:47 WIB

Author

Novaeny Wulandari

Perusahaan Bawang Putih Tertipu 2,2 Miliar

Perusahaan, Bawang Putih, Tertipu 2, 2 Miliar

KBR68H, Jakarta - Kepolisian Indonesia memburu pelaku pencucian uang melalui dunia maya dengan nama Foshan Zebro. Kepala Sub Direktorat Pencucian Uang Bareskrim Mabes Polri Agung Setya mengatakan, Polisi sulit melacak pelaku sebab menggunakan identitas palsu. Foshan membajak email Jinxiang County Huaguang Food Export Import dengan New Fall Genegal Tradding dalam transaksi pembelian bawang putih. (Baca: Soal Kebutuhan Bawang Putih, Indonesia Masih Bergantung Impor)

"Sumber dananya itu terkait dnegan transaksi legal namun kemudian transaski ini dibelokkan. Pembayaran untuk kasus Zebro LTD ini antara China dan Senegal di Afrika. Namun kemudian uangnya dibelokkan oleh para pelaku ini masuk ke Indonesia. Di Indonesia dicoba untuk diambil namun kemudian dengan perangkat hukum yang ada di Indonesia bank itu dapat melakukan penundan transasksi."ujar Agung Setya.

Kepala Sub Direktorat Pencucian Uang Bareskrim Mabes Polri Agung Setya menambahkan, kasu ini bermula saat Foshan Zebro membuka akun di bank BTN cabang ITC Mangga Dua. Kemudian pihak New Fall mengirimkan dana sebesar 2,2 miliar rupiah guna pembayaran bawang putih kepada Jinxiang County. Transaksi ini mencurigakan dan langsung dilaporkan BTN kepada PPATK. BTN pun melaporkannya kepada Bareskrim Mabes Polri.

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma

Cek Fakta Top 5 Hoax of The Week 10 - 16 Agustus 2019