NASIONAL

Perajin Tahu Tempe di Kabupaten Bandung Mogok Produksi

Perajin Tahu Tempe di Kabupaten Bandung Mogok Produksi

KBR68H, Jakarta- Sejumlah produsen tempe dan tahu di Kabupaten Bandung, Jawa Barat hari ini melakukan mogok produksi. Ketua Gabungan Koperasi Tahu Tempe Indonesia (Gakoptindo) Sutaryo mengatakan mereka menuntut pemerintah untuk segera mengendalikan harga kedelai di pasaran yang terus melonjak karena efek melemahnya Rupiah. Dia memprediksi dalam beberapa hari kedepan produsen tempe dan tahu di daerah lainnya juga ikut mogok produksi.

"Mogok tetap akan dilakukan kalau tidak bisa direm (harga kedelai). Hari ini Bandung sudah mogok. Sudah mogok duluan dia. Mogok produksi. Berita tadi yang diterima yang mogok Kabupaten Bandung. Ini pasti nanti diikuti yang lain. Karena memang terkait langsung dengan Dollar tadi. Dollar menguat dan Rupiah melemah," ujarnya saat dihubungi KBR68H, Minggu (25/8)


Sutaryo menambahkan saat ini harga kedelai tertinggi berada di wilayah Jawa Tengah yaitu menembus Rp 9000 lebih per Kilogram. Sebelumnya harga normal di berbagai wilayah berkisar antara Rp 7000-7500 per Kilogram. Hal ini membuat sejumlah produsen tempe tahu terancam bangkrut.


Editor: Taufik Wijaya

  • tahu
  • tempe
  • kedelai
  • perajin
  • rupiah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!