NASIONAL

Menteri Gita Mangkir, KPPU Minta Bantuan Polisi

"Komisi Pengawas Persaingan Usaha, KPPU bakal meminta bantuan kepolisian untuk membawa Menteri Gita Wirjawan ke sidang kartel bawang putih."

Menteri Gita Mangkir, KPPU Minta Bantuan Polisi
Menteri Gita, KPPU, Bantuan Polisi, kartel bawang

KBR68H, Jakarta- Komisi Pengawas Persaingan Usaha, KPPU bakal meminta bantuan kepolisian untuk membawa Menteri Gita Wirjawan ke sidang kartel bawang putih.

Wakil Ketua KPPU Sukarmi mengatakan, langkah itu bakal ditempuh jika dalam tiga kali panggilan Menteri Gita tetap mangkir. Selain Menteri Gita, KPPU juga memanggil dua pejabat lainnya yang diduga terlibat kartel komoditas itu sepanjang November 2012 hingga Februari 2013.

Keduanya, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Bachrul Chairi dan Kepala Badan Karantina Kementan Banun Harpini.

"Kalau terlapor tidak hadir tentunya KPPU meminta bantuan kepada penyidik. Tentu berdasarkan kewenangan itu. KPPU meminta bantuan kepada penyidik. Kalau memang siapapun para terlapor itu tidak hadir dalam proses persidangan," kata Sukarmi.

Menteri Gita Wirjawan menolak hadir dalam sidang kartel bawang putih yang digelar KPPU hari ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Hukum Kemendag Lasminingsih.

Menurut Lasminingsih, Gita Wirjawan dan Bachrul Chairi sebagai pejabat negara tidak masuk kriteria subyek hukum pemeriksaan KPPU.

Alasannya, ini merujuk pada Pasal 245-247 Perpres 24/2010, tentang fungsi kementerian negara. Serta mengacu pada Undang - Undang Nomor 5/1999, penyidikan kartel hanya bisa mencakup pelaku usaha, bukan pejabat negara. Atas dasar itu, Lasminingsih menegaskan, bahwa Kemendag tidak akan mengikuti lagi sidang-sidang KPPU berikutnya.

Editor: Anto Sidharta

  • Menteri Gita
  • KPPU
  • Bantuan Polisi
  • kartel bawang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!