NASIONAL

Johan Budi: KPK Tuntut Koruptor Minimal 5 Tahun

"KBR68H, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim berusaha menjatuhkan hukuman seberat-beratnya kepada terdakwa kasus korupsi. Caranya, KPK memberikan tuntutan rata-rata di atas 5 tahun penjara."

Pipit Permatasari

Johan Budi: KPK Tuntut Koruptor Minimal 5 Tahun
johan budi, KPK, korupsi

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengklaim berusaha menjatuhkan hukuman seberat-beratnya kepada terdakwa kasus korupsi. Caranya, KPK memberikan tuntutan rata-rata di atas 5 tahun penjara. Juru bicara KPK, Johan Budi mengatakan, selain tuntutan tersebut, lembaganya juga akan mengajukan banding, kalau hakim menjatuhkan hukuman ringan kepada terdakwa.
 
“Tapi kita patut agak gembira ketika kasus ini kita ajukan banding atau kasasi. Biasanya pemikiran hakim MA memutus sebuah kasus biasanya dinaikkan. Lebih besar dari pengadilan dibandingkan dari putusan banding,” ujar Johan Budi kepada KBR68H.

Sebelumnya, LSM anti-korupsi ICW mencatat dalam tiga tahun terakhir terdapat lebih dari 750 terpidana korupsi yang divonis ringan atau dihukum 2 - 5 tahun penjara. Dari jumlah itu, hanya lima orang yang divonis di atas lima tahun. Salah satunya Zulkarnaen Djabar, yang terbelit korupsi pengadaan Al-Quran dan Laboratorium Komputer di Kementerian Agama. Djabar divonis 15 tahun penjara. Vonis ringan itu sulit menimbulkan efek jera, apalagi ditambah para koruptor mudah mendapatkan remisi.

Editor: Suryawijayanti 

  • johan budi
  • KPK
  • korupsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!