Ini Alasan LPSK Tak Ajukan Remisi Lebaran untuk Napi

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tidak mengajukan nama untuk mendapatkan remisi Lebaran. Anggota LPSK Lili Pintauli Siregar mengatakan, vonis para kandidat yang diusulkan belum berkekuatan hukum tetap. Menurutnya, LPSK biasanya mengajukan rem

NASIONAL

Selasa, 06 Agus 2013 18:58 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Ini Alasan LPSK Tak Ajukan Remisi Lebaran untuk Napi

LPSK, Remisi Lebaran, Napi

KBR68H, Jakarta - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tidak mengajukan nama untuk mendapatkan remisi Lebaran.

Anggota LPSK Lili Pintauli Siregar mengatakan, vonis para kandidat yang diusulkan belum berkekuatan hukum tetap. Menurutnya, LPSK biasanya mengajukan remisi bagi narapidana yang bersedia mengungkap kasus.

"Untuk lebaran ini kita belum ada mengusulkan sepengetahuan saya dari bidang saya. Kosasih masih kasasi. Susno kita tetapkan sebagai peniup peluit tapi sedang Peninjauan Kembali. Jadi semuanya masih belum berkekuatan hukum tetap. Jadi tidak ada upaya hukum lain," ungkap Anggota LPSK Lili Pintauli Siregar ketika dihubungi KBR68H.

Sementara, kata Lili, hal serupa juga masih terjadi pada kasus-kasus yang sudah lama masuk ke pengadilan.

“Jadi, masih yang lama-lama juga, seperti di Manado yang kasus korupsi juga sama, masih proses hukum di Mahkamah Agung," tambah Lili Pintauli Siregar.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia memberikan remisi pada 54 ribu narapidana pada Lebaran ini. Sebelumnya, kementerian itu menandatangani nota kesepahaman dengan LPSK. Kesepakatan itu berisi di antaranya keringanan hukuman bagi terpidana yang bersedia mengungkap sebuah kejahatan.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17