ICW: Tepat, Tuntutan 18 Tahun Untuk Djoko Susilo

KBR68H, Jakarta - Tuntutan kurungan 18 tahun kurungan bagi terdakwa korupsi Djoko Susilo dinilai sangat tepat.

NASIONAL

Rabu, 21 Agus 2013 00:26 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

ICW: Tepat, Tuntutan 18 Tahun Untuk Djoko Susilo

ICW, Tuntutan, 18 Tahun, Djoko Susilo

KBR68H, Jakarta - Tuntutan kurungan penjara 18 tahun bagi terdakwa korupsi Djoko Susilo dinilai sangat tepat. Peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengatakan, jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki bukti meyakinkan untuk mengajukan tuntutan setinggi itu. Emerson menambahkan, jenderal polisi itu sebenarnya layak mendapat tuntutan karena bertugas sebagai penegak hukum (Baca:Djoko Susilo Akui Sembunyikan Kekayaan)

"Upaya-upaya pengaburan Djoko soal harta kekayaan. Djoko memberikan citra buruk bagi penegak hukum khususnya di lingkungan kepolisian. Harapan kita ia nanti bisa dihukum sama atau bahkan lebih. Yang pasti kapasitas ia sebagai penegak hukum karena ia mengerti hukum itu yang membuat hukuman nanti lebih berat. Djoko juga nanti bisa masuk bursa kapolri kalau tidak diproses secara hukum oleh KPK," ungkap peneliti LSM Anti-Korupsi ICW Emerson Yuntho ketika dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi menuntut hakim menjatuhkan vonis 18 tahun kurungan pada Djoko Susilo. Pria berumur 52 tahun ini didakwa memperkaya diri sendiri dan orang lain dalam pengadaan simulasi mengemudi. Akibatnya, negara diperkirakan merugi hingga Rp 144 miliar. (Baca: Djoko Susilo Terima Insentif Rp 60 Juta/Bulan dari Jasa Raharja)

Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8