Gayus Lumbun: PK Buronan Korupsi Sudjiono Timan Harus Diusut

KBR68H, Jakarta

NASIONAL

Selasa, 27 Agus 2013 22:27 WIB

Author

Erric Permana

Gayus Lumbun: PK Buronan Korupsi Sudjiono Timan Harus Diusut

korupsi sudjiono timan, pk timan, putusan korupsi, ma, sudjiono buron

KBR68H, Jakarta– Hakim Agung Gayus Lumbun mengaku telah meminta Ketua Muda Bidang Pengawasan dan Ketua Muda Bidang Pidana MA untuk membentuk tim eksaminasi. Tim ini guna menelusuri adanya dugaan pelanggaran dalam Peninjauan Kembali (PK) buronan koruptor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Sudjiono Timan. Dia mengatakan bakal menyampaikan usulnya ke Ketua Mahkamah Agung.

“Saya sudah koordinasi kemarin, mudah-mudahan apa yang saya usulkan untuk bentuk tim itu bisa dilakukan. Yah banyak pelanggaran, tidak hanya pendapat dari saya tapi dari mantan Ketua MA juga ada. Mudah-mudahan itu bisa ditemukan oleh tim eksaminasi dari Hukum Acara yang diterapkan dalam putusan ini,” ujar Gayus saat dihubungi KBR68H.

Hakim Agung Gayus Lumbun. Sebelumnya, Hakim Agung Gayus Lumbun menilai putusan bebas atas bekas Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia Sudjiono Timan batal demi hukum. Menurut dia, dalam persidangan permohon PK, melanggar penerapan hukum acara.

Sudjiono Timan sebelumnya telah divonis 15 tahun, denda Rp 50 juta, dan ganti rugi kepada negara Rp 396 miliar dalam kasasi yang diajukan Kejaksaan Agung. Putusan tersebut tak bisa dilaksanakan karena Sudjiono berstatus buron. Di dalam persembunyian itu, bekas Direktur Utama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia mengajukan PK yang akhirnya dikabulkan MA.

Editor : Rony Rahmatha

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18