NASIONAL

6600-an Caleg akan Bertarung di Pemilu 2014

"Komisi Pemilihan Umum, KPU menetapkan sebanyak 6608 Daftar Calon Tetap (DCT) yang akan berlaga pada Pemilu Legislatif 2014. Menurut KPU nama yang tertera dalam daftar tersebut sudah tidak bisa lagi diubah meskipun nantinya munculnya keberatan masyarakat."

Pipit Permatasari

6600-an Caleg akan Bertarung di Pemilu 2014
Caleg, Pemilu 2014

KBR68H, Jakarta- Komisi Pemilihan Umum, KPU menetapkan sebanyak 6608 Daftar Calon Tetap (DCT) yang akan berlaga pada Pemilu Legislatif 2014.

Menurut KPU nama yang tertera dalam daftar tersebut sudah tidak bisa lagi diubah meskipun nantinya munculnya keberatan masyarakat.

Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, calon- calon itu nantinya akan merebutkan lima ratusan kursi di 77 daerah pemilihan.

"KPU RI menetapkan daftar calon tetap anggota DPR RI tahun 2014 adalah sebanyak enam ribu enam ratus lapan orang. Proses selanjutnya adalah pemeriksaan daftar calon, nomor urut nama dan foto nama calon mudah mudahan tidak akan terganti," kata Husni Kamil Manik saat penetapan DCT di Jakarta.

Ketua KPU Husni Kamil Manik menambahkan, dari proses pendaftaran DCS hingga ditetapkannya DCT, ada 33 caleg yang tidak diloloskan oleh KPU. Total nama caleg yang diterima KPU mencapai 6641 nama yang diajukan 12 parpol peserta pemilu.

Sementara pengamat menilai kualitas calon anggota lembaga legislatif yang diajukan oleh partai politik saat ini bahkan lebih buruk dari periode sebelumnya. Lembaga Pemantau Korupsi Indonesia, ICW pernah melansir 36 nama caleg yang dinilai tercemar akibat kaitan dengan kasus korupsi.

Editor: Anto Sidharta

  • Caleg
  • Pemilu 2014

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!