Bagikan:

Status Gunung Raung Naik jadi Waspada, Aktivitas Gempa Fluktuatif

Naiknya status waspada Gunung Raung ini terhitung sejak Jumat (29/7/2022).

NASIONAL

Jumat, 29 Jul 2022 14:06 WIB

Status Gunung Raung Naik jadi Waspada, Aktivitas Gempa Fluktuatif

Visual Gunung Raung yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi pada Kamis (28/7/2022). ANTARA/HO-PVMBG/pri.

KBR, Banyuwangi - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung di Jawa Timur, dari level I normal menjadi level II waspada. Naiknya status waspada Gunung Raung ini terhitung sejak Jumat (29/7/2022).

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan, secara visual abu vulkanik Gunung Raung tidak terlihat. Namun aktivitas kegempaan masih terjadi dan fluktuatif.

Kata dia, pascaerupsi pada Rabu lalu, Gunung Raung masih menghembusan solfatara atau fumarole. Anomali panas juga yang terekam oleh citra satelit di permukaan kawah pada Kamis lalu. Hal itu mengindikasikan ada dinamika magma pada permukaan kawah Gunung Ruang.

“Secara umum datanya belum staabil. Kalau abu vulkanik secara visual tidak terlihat, tapi lebih pada kegempaan seismiknya fluktuatif naik turun. Rekomendasi dari PVMBG intinya radius 3 kilometer tidak ada aktivitas,” kata Mukijo di Banyuwangi, Jumat (29/7/2022).

Mukijo menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan dan analisis kegempaan, kondisi kawah Gunung Raung belum stabil.

Baca juga:

Msyarakat tidak diperbolehkan mendekati pusat erupsi di kawah puncak dengan radius 3 kilometer. Meski demikian, masyarakat di sekitar Gunung Raung juga diminta tetap tenang.

Erupsi Rabu Petang

Gunung Raung erupsi pada Rabu (27/7/2022) petang. Asap berwarna cokelat terlihat membumbung tinggi. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso itu, mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter dari puncak.

Kata Mukijo, Gunung Raung erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada kurun waktu pukul 17.19 hingga 17.28 WIB. Abu mengarah ke Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Gunung Raung memilki kaldera dengan kedalaman sekitar 500 meter dan selalu berasap serta sering menyemburkan api. Gunung Raung, juga termasuk gunung api tua dengan kaldera yang berada di puncak dan dikelilingi banyak puncak kecil.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending