NASIONAL

Presiden Kenang Almarhum Tjahjo Sebagai Tokoh Nasionalis

Presiden Kenang Almarhum Tjahjo Sebagai Tokoh Nasionalis

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa dan duka cita atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Presiden Jokowi mengenang almarhum Tjahjo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana, serta sosok teladan dan nasionalis sejati.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Saya atas nama pribadi, keluarga, bangsa dan negara menyampaikan duka cita yag mendalam atas berpulangnya saudara kita, sahabat kita, Bapak Tjahjo Kumolo, Menteri PAN dan RB, hari ini Jumat, 1 Juli 2022, pukul 11.10 di Jakarta. Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati, yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa dan negara," kata Presiden Jokowi di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, Persatuan Emirat Arab melalui video dan diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden (1/7/22).

Di akhir pernyataannya, Kepala Negara mengucapkan doa untuk almarhum Tjahjo Kumolo beserta keluarga yang ditinggalkan. Ia berharap almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah Swt dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta keikhlasan.

Baca juga:

Berita Sela, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Meninggal

Selain kepala negara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria juga mengucapkan belasukawa dalam akun instagram resmi miliknya. Riza mengenang Tjahjo sebagai sosok yang amanah, baik sebagai kepala keluarga maupun pengurus partai.

"Beliau sosok yang sangat peduli masyarakat, karier politiknya bermula dari aktivis pelajar hingga menjadi pucuk pimpinan gerakan mahasiswa dan organisasi kepemudaan," kata Riza dikutip dari akun Instagram resminya @arizapatria, Jumat (1/7/2022).

Tjahjo berpulang pada Jumat, 1 Juli 2022, pukul 11.10 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta setelah menjalani perawatan intensif sejak pertengahan Juni 2022. Rencananya, almarhum akan dimakamkan di TMP Kalibata, sore ini.

Editor: Dwi Reinjani

  • MenPAN-RB Tjahjo Kumolo
  • Tjahjo Kumolo
  • Tjahjo Kumolo Meninggal

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!