Bagikan:

Pertamina Tegaskan Belum Ada Pembatasan Pembelian BBM

Per 1 Juli lalu Pertamina hanya buka pendaftaran aplikasi MyPertamina

NASIONAL

Rabu, 06 Jul 2022 20:39 WIB

Pertamina Tegaskan Belum Ada Pembatasan Pembelian BBM

Petugas pertamina sedang memeriksa berkas kartu kendali pengguna BBM bersubsidi, di kota Balikpapan, Senin (18/04/2022). Foto:ANTARA

KBR, Jakarta- Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menegaskan, saat ini Pertamina belum membatasi pembelian BBM bersubsidi jenis pertalite dan solar. Kata dia, mulai 1 Juli lalu, Pertamina hanya melayani pendaftaran kendaraan, yang salah satunya bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina.

"Sebetulnya tahap di Juli ini tahap pendaftaran saja agar pemilik si kendaraan ini mempunyai QR code, sehingga nanti ketika tahap implementasi, QR code inilah yang digunakan sebagai dasar. Nah dengan adanya sistem yang terdigitalisasi akan lebih mudah, apalagi nanti sudah ada ketentuan kendaraan jenis apa saja yang mendapatkan (subsidi). Nah nanti ketika kriterianya ini sudah ada, sudah keluar perpresnya, maka akan kita masukkan ke dalam sistem digitalisasi," kata Nicke dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (6/7/2022).

Nicke menambahkan, pembatasan akan dilakukan setelah terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) soal kriteria baru kendaraan penerima BBM subsidi. Saat ini aturan tersebut tengah digodok oleh Pertamina dan kementerian dan lembaga terkait.

Nicke menjelaskan, pendaftaran nomor polisi kendaraan tak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi MyPertamina saja. Masyarakat juga bisa melakukan pendaftaran melalui situs Pertamina, ataupun mendaftarkan langsung kendaraannya di SPBU-SPBU terdekat.

"Di SPBU-SPBU itu ada petugas yang akan membantu masyarakat yang akan daftarnya manual jadi nanti didaftarkan nomor polisi, NIK dan sebagainya. Nanti dapat QR code dan nanti tinggal difoto atau mau diprint tempel saja di kendaraannya," imbuhnya.

Baca juga:

Harga Pertamax di Maluku Tengah Tembus 20 Ribu Perliter, Pertalite 14 Ribu Perliter

Aplikasi MyPertamina Hanya Untuk Kendaraan Roda Empat

Terkait penggunaan ponsel di SPBU, Nicke menjelaskan, masyarakat bisa mencetak QR code yang langsung bisa ditunjukkan kepada petugas saat pengisian BBM.

"Makanya kita harus daftar untuk dapat QR code, itu ada dua caranya, yang mau gampang supaya tidak ada 'ini pakai handphone gimana?' diprint, di laminating, taruh di kaca mobilnya, sehingga nanti begitu masuk oh ya oke sudah masuk ke dalam EDC," pungkasnya.

Lebih lanjut, terkait BBM subsidi khusus untuk UMKM, petani hingga nelayan, Nicke mengatakan, semua kategori akan dibuatkan aturan terpisah sesuai kebutuhan dan peruntukannya.

Editor: Dwi Reinjani

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

100 Hari Kerja Menteri ATR/BPN, Reforma Agraria Belum Memihak Petani

Most Popular / Trending