Bagikan:

Kunjungan Jokowi ke Tiongkok Hasilkan 7 Kesepakatan

Kunjungan Jokowi ke Tiongkok diisi pertemuan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan Perdana Menteri China Li Keqiang di Beijing.

NASIONAL

Selasa, 26 Jul 2022 23:18 WIB

Kunjungan Jokowi

Presiden Joko Widodo disambut Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang dalam pertemuan di Beijing, Selasa (26/7/2022). (Foto: ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev)

KBR, Jakarta - Rangkaian kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke tiga negara di Asia Timur dimulai dari Tiongkok. Kunjungan Jokowi ini diisi pertemuan dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping dan Perdana Menteri China Li Keqiang di Beijing. Pertemuan itu menghasilkan sejumlah kesepakatan.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Jokowi ke Beijing merupakan kunjungan pertama pemimpin dunia yang dilakukan setelah Olimpiade Musim Dingin di Beijing pada awal 2022.

Retno mengatakan selain kerja sama ekonomi, Jokowi dan Xi Jinping juga membahas berbagai isu, baik isu kawasan dan dunia.

Kedua pemimpin sepakat tentang pentingnya meningkatkan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan dalam konteks Global Development Initiative (GDI).

"Jika kerjasama konkret dapat diwujudkan maka diharapkan pencapaian SDGs negara berkembang dapat lebih baik. RRT bukan hanya merupakan mitra penting bagi Indonesia namun juga merupakan mitra penting bagi ASEAN. ASEAN dan RRT telah memiliki kemitraan strategic comprehensif diharapkan kerjasama ASEAN dan RRT dapat berkontribusi pada stabilitas dan kemakmuran kawasan yang didasarkan pada prinsip-prinsip hukum internasional Indonesia," kata dia saat memberikan keterangan secara daring, Selasa (26/7/22).

Baca juga:

Retno Marsudi mengatakan Indonesia juga berkomitmen untuk menjadikan ASEAN relevan, tidak saja bagi masyarakat Indonesia namun juga untuk kawasan dan dunia.

Menlu Retno Marsudi mengatakan dalam pertemuan itu, RRT juga menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi hijau. Antara lain melalui pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Menurut Retno, Presiden Xi juga menegaskan komitmen untuk meningkatkan impor produk pertanian Indonesia.

Presiden Tiongkok juga memberikan apresiasi atas upaya Presiden Jokowi dalam mengupayakan perdamaian dan memperbaiki situasi kemanusiaan antara lain melalui kujungan ke Kyiv dan Moskow.

“Kunjungan ini dinilai Presiden Xi menunjukkan tanggung jawab Indonesia sebagai negara besar," kata Retno.

Retno merinci, dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan Premier Li dan Presiden Xi di Beijing hari ini, kedua negara telah menyetujui beberapa kesepakatan yaitu:

1. Pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative
2. MoU kerja sama Pengembangan dan penelitian vaksin dan genomika
3. MoU mengenai Pembangunan Hijau
4. Pengaturan Kerja sama Kelautan
5. Protokol mengenai Ekspor Nanas Indonesia
6. Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan
7. Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Gamophobia Bikin Sulit Jalin Hubungan

Kabar Baru Jam 7

Benarkah Proyek Food Estate Gagal?

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending