Bagikan:

Inilah Daerah Peraih Penghargaan Lingkungan Nirwasita Tantra

"Masih banyak persoalan lingkungan hidup yang terjadi di banyak tempat diakibatkan berbagai kebijakan maupun perilaku manusia."

NASIONAL

Rabu, 20 Jul 2022 11:12 WIB

Author

R. Fadli

Nirwasita Tantra

Nirwasita Tantra, daerah-daerah peraih penghargaan untuk Green Leadership di Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (20/7). (KLHK)


KBR, Jakarta-    Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hari ini menganugerahkan penghargaan Kalpataru 2022 dan Nirwasita Tantra 2021. Kabupaten Bangka Tengah; Dharmasraya; dan Kabupaten Tabalong meraih Green Leadership "Nirwasita Tantra" 2021 kategori Pemda Tingkat Kabupaten Kecil. 

Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Bambang Supriyanto menyebutkan, hingga tahun lalu ada lebih dari 1.100 usulan penerima penghargaan lingkungan.

"Berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK nomor 161, 162 dan 553 telah ditetapkan penerima penghargaan yang diberikan dibedakan dalam kategori provinsi, kabupaten besar, kabupaten sedang, kabupaten kecil, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Tiap kategori diberikan kepada tiga kepala daerah terbaik, tiga DPRD terbaik, dan lima pemerintahan terbaik," ujar Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK Bambang Supriyanto, saat Penganugerahan Penghargaan Kalpataru dan Nirwasita Tantra di Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis  (20/7/2022).

Baca juga:

MK Tolak Uji Formil UU IKN dari Busyro Muqoddas Dkk

Punya Potensi Besar Serap Karbon, KLHK Optimalkan Kawasan Pesisir untuk Ekonomi Biru

Sementara itu, DPRD Kabupaten Lamongan, Banyumas, dan Tuban terpilih sebagai penerima penghargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" 2021 kategori DPRD Tingkat Kabupaten Besar. 

Sedangkan untuk kategori DPRD Tingkat Kota Sedang diraih oleh DPRD Kota Sukabumi, Madiun, dan Pangkal Pinang. 

Untuk kategori DPRD Tingkat Kabupaten Kecil diraih oleh DPRD Kota Payakumbuh, Bukittinggi, dan Magelang. 

"Nirwasita Tantra" merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada kepala daerah, yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan pembangunan berkelanjutan, untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Catatan untuk TNI

Most Popular / Trending