Bagikan:

Imbauan Memakai Masker, Satgas Covid: Sinyal Pengetatan

Presiden Joko Widodo mengimbau memakai masker saat melakukan aktivitas bersama di dalam ataupun di luar ruangan.

NASIONAL

Senin, 11 Jul 2022 12:19 WIB

Author

Muthia Kusuma

Imbauan memakai masker, Presiden  Jokowi usai melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakar

Imbauan memakai masker, Presiden Jokowi usai melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/7/22).(Antara/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta-  Satgas Penanganan COVID-19 menekankan imbauan  memakai masket Presiden Joko Widodo untuk   di luar maupun di dalam ruangan merupakan sinyal pengetatan protokol kesehatan. Ketua bidang perubahan perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry Harmadi mengatakan, imbauan memakai masker  itu didasari tren kenaikan kasus COVID-19 beberapa hari terakhir yang mencapai di atas dua ribu kasus lebih. 

Ia menyebut, jika masyarakat abai terhadap prokes covid saat tren kenaikan kasus korona ini, maka berpotensi terjadinya kenaikan level PPKM.

"Sebetulnya dengan status pandemi belum berakhir, kasus COVID-19 masih ada. Secara terus-menerus menerapkan protokol kesehatan cara yang terbaik. Makanya aktivitas dan mobilitas boleh dilakukan, tetapi syaratnya adalah, betul-betul menerapkan protokol kesehatan. Karena kita harus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi, tetapi jangan sampai momentum itu terganggu dengan adanya lonjakan kasus," ucap Sonny kepada KBR, Minggu, (10/7/2022).

Ketua bidang perubahan perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry Harmadi menyoroti momentum Iduladha yang membuka peluang meningkatnya mobilitas masyarakat untuk bepergian wisata, mudik maupun beribadah haji. Ia berharap agar kesadaran masyarakat semakin meningkat usai pandemi terjadi dua tahun terakhir.

Baca juga:


Dia meminta agar masyarakat menerapkan prokes sesuai aturan. Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat yang sedang sakit maupun mempunyai komorbid untuk tidak keluar rumah.

Satgas COVID-19 juga mengingatkan pentingnya melindungi diri dengan vaksinasi dosis ketiga atau booster di tengah ancaman lonjakan kasus. Pemerintah pun telah berupaya mengajak masyarakat untuk vaksinasi booster. Caranya penerapan kebijakan wajib booster bagi yang ingin mengakses tempat publik, transportasi massal maupun kegiatan massal lainnya seperti konser musik.

Imbauan Memakai Masker

Presiden Joko Widodo mengimbau memakai masker saat melakukan aktivitas bersama di dalam ataupun di luar ruangan.

Hal itu sampaikan Jokowi usai melaksanakan ibadah salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (10/11/2022).

“Saya juga ingin mengingatkan bahwa COVID masih ada. Oleh karena itu baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan memakai (prokes covid) masker adalah masih sebuah keharusan,” kata Jokowi.

Pemerintah Minggu (10/7) mencatat penambahan kasus covid sebanyak 2.576 kasus. Tambahan kasus terbanyak dari DKI Jakarta 1675, Jawa Barat 308, dan Banten 257 orang.

Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending