Bagikan:

Cek Fakta : Video dengan Narasi Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP pada 1 Juli 2022

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 2 - 8 Juli 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Senin, 11 Jul 2022 23:44 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta : Video dengan Narasi Kebakaran SPBU Akibat Bayar Pakai HP pada 1 Juli 2022

Beredar sebuah video berdurasi 15 detik dengan narasi insiden kebakaran di area SPBU itu akibat pembayaran menggunakan ponsel. Video tersebut dibagikan oleh akun facebook pada 30 Juni 2022 sebanyak 20 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 8 ribu suka serta lebih dari 2 ribu komentar. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 2- 8 Juli, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Video dengan Narasi bahwa Kebakaran SPBU Diklaim Akibat Bayar Pakai HP pada 1 Juli 2022

Beredar sebuah video berdurasi 15 detik dengan klaim insiden kebakaran di area SPBU akibat pembayaran menggunakan ponsel. Video tersebut dibagikan oleh akun facebook pada 30 Juni 2022.

Tangkapan Layar dengan Narasi soal Puan Menginginkan Pendidikan Agama Islam Dihapus

Sebuah akun twitter mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar dengan narasi bahwa Puan menginginkan Pendidikan Agama Islam dihapus jika negara ingin maju dan berkembang.

Video Disertai Narasi bahwa Bendera Indonesia Terbentang Luas di Konser Grup Scorpion di Polandia Berkat Presiden Jokowi

Sebuah akun twitter mengunggah sebuah video yang menunjukkan dua buah bendera dibentangkan oleh sekumpulan penonton di tengah konser musik. Video tersebut juga disertai keterangan yang menyatakan bahwa bendera yang dibentangkan merupakan bendera Indonesia pada konser grup band Scorpion di Polandia.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini: 

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga:

Cek Fakta Episode Spesial: “How to Fight Hoax for Dummies”

Cara Menghadapi Hoaks di Grup WhatsApp Keluarga

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Problematika Bantuan Sosial BBM

Most Popular / Trending