Bagikan:

Cek Fakta : Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 16 -22 Juli 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID

NASIONAL

Selasa, 26 Jul 2022 13:22 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta : Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa?

Sebuah akun facebook pada 31 Mei 2022 memposting gambar tangkapan layar artikel berjudul "Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa". Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Apa saja lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 16 - 22 Juli, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @TURNBACKHOAXID:

Narasi soal Ruang Angkasa Buatan Tiongkok

Beredar sebuah postingan di Twitter pada 24 Juni 2022. Postingan tersebut memperlihatkan air di dalam gelas tidak melayang di ruang angkasa, dengan narasi sebagai berikut: “Made in China”

Video Anak-anak Rusia Menyanyikan Indonesia Raya Untuk Presiden RI Dalam Misi Perdamaian Rusia - Ukraina

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan video paduan suara dari anak-anak di Rusia yang menyanyikan lagu Indonesia Raya. Dalam narasinya, akun Facebook ini mengklaim bahwa paduan suara ini dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia yang datang ke Rusia dalam misi perdamaian Rusia-Ukraina.

Tangkapan Layar Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa

Sebuah akun Facebook pada 31 Mei 2022 memposting gambar tangkapan layar artikel seolah dari Viva berjudul "Jateng Disebut Provinsi Termiskin di Pulau Jawa". Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini: 

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Baca Juga: 

Cek Fakta Episode Spesial: “How to Fight Hoax for Dummies”

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Problematika Bantuan Sosial BBM

Most Popular / Trending