Bagikan:

Brigadir J Dibunuh di Magelang? Komnas HAM: Masih Hidup Sampai Jakarta

"Di situ terlihat ada Bu Putri, ada almarhum Yoshua masih hidup sampai di Duren Tiga"

NASIONAL

Kamis, 28 Jul 2022 07:42 WIB

Brigadir J

Brigadir J, peti jenazah saat upacara pelepasan kedinasan setelah autopsi ulang di Sungai Bahar, Muarojambi, Rabu (27/7/22). (Antara/Wahdi Septiawan)

KBR, Jakarta- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia atau Komnas HAM mengungkapkan bahwa Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat alias Brigadir J masih hidup saat tiba di Jakarta seusai melakukan perjalanan dari Magelang, Jawa Tengah. Sebelumnya  kuasa hukum keluarga Yoshua, menduga Brigadir J dianiaya dan dibunuh saat perjalanan atau berada di Magelang.

Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam mengatakan, keterangan itu didapat setelah pihaknya melihat tayangan CCTV yang diberikan saat pemeriksaan digital forensik dan siber dari kepolisian.

"Ada rombongan dari Magelang. Jadi Irjen Sambo masuk duluan (rumah, red) setelah sekian waktu terus ada rombongan baru pulang dari Magelang dan di situ terlihat ada Bu Putri, ada almarhum Yoshua masih hidup sampai di Duren Tiga, ada rombongan yang lain dalam kondisi hidup tidak ada kurang satu apapun," ujar Anam dalam konferensi pers di kantornya, Rabu (27/7/2022).

Anam menambahkan, Komnas HAM telah diperlihatkan 20 tayangan dari CCTV perjalanan dari Magelang ke Jakarta. Kata dia, didalamnya juga terdapat Bharada E yang diduga terlibat baku tembak dengan Brigadir J.

Komnas HAM, lanjut Anam, akan melanjutkan mekanisme pengambilan keterangan terkait digital dan siber pada pekan depan. alasannya, masih harus menyelesaikan sekitar 20 persen keterangan yang perlu terus digali dan didalami secara spesifik.

"Kami butuhkan di sisi terangnya peristiwa ini," tuturnya.

Baca juga:

- Brigadir J, Hasil Autopsi Ulang Paling Cepat Sebulan

- Keluarga Brigadir J Laporkan Dugaan Pembunuhan Berencana


Sebelumnya, Komnas HAM juga telah memeriksa dokter forensik yang melakukan autopsi pertama kali pada jenazah Brigadir J dan juga telah memeriksa para ajudan Ferdy Sambo termasuk Bharada E.

Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan lanjutan dari rangkaian pemeriksaan yang berkaitan dengan dugaan tembak menembak di rumah dinas Kadiv Propam non-aktif Irjen Ferdy Sambo yang menyebabkan tewasnya Brigadir J.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ikhtiar Sorgum untuk Substitusi Gandum

Most Popular / Trending