Bagikan:

Bertemu Xi Jinping, Jokowi: RRT Mitra Strategis Indonesia

"Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,”

NASIONAL

Selasa, 26 Jul 2022 22:14 WIB

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden RRT, Xi Jinping di Beijing, Selasa (26/7/22). (Foto: Youtu

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden RRT, Xi Jinping di Beijing, Selasa (26/7/22). (Foto: Youtube Setpres)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin berkomitmen untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

“Indonesia dan RRT adalah saudara senasib sepenanggungan. RRT adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan untuk negara kita, dan sekaligus untuk kawasan dan dunia,” kata Jokowi di Villa 14, Diaoyutai State Guesthouse, Beijing, Selasa (26/72022).

Sebelum bertemu Presiden Xi Jinping, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri RRT (Premier), Li Keqiang.

Dalam kesempatan itu, Kepala Negara juga menyampaikan bahwa RRT adalah mitra strategis Indonesia, dan kedua negara telah berhasil mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang saling menguntungkan.

Jokowi berharap kedua negara dapat membahas berbagai kerja sama, khususnya di bidang perdagangan, investasi, infrastruktur, keuangan, pendanaan, serta maritim.

"Nilai perdagangan antara Indonesia dan RRT terus meningkat dan sudah melampaui USD100 miliar (sekitar Rp15 triliun). Saya berharap kerja sama tersebut dapat terus ditingkatkan sebab peluang untuk meningkatkan angka perdagangan sangat besar," kata orang nomor satu di Indonesia ini.

Dalam pertemuan Jokowi dengan Li Keqiang, RRT menyampaikan komitmen mereka menambah impor Crude Palm Oil (CPO) sebesar 1 juta ton dari Indonesia.

Selain itu, RRT prioritaskan impor produk pertanian dari Indonesia. Termasuk pembahasan kerja sama pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Berita lainnya:

Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan Perdana Menteri Li Keqiang dan Presiden Xi Jinping di Beijing, Presiden Joko Widodo dan istri serta delegasi bertolak menuju Tokyo, Jepang.

Presiden dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Beijing Capital International Airport sekitar pukul 20.00 waktu Beijing, dan diperkirakan akan tiba di Bandar Udara Internasional Haneda di Tokyo pada Rabu (27/7/2022) dini hari.

Sejumlah menteri seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia turut Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi dalam kunjungan kerja ke Jepang tersebut.


Editor: Kurniati Syahdan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending