Bagikan:

Agar Tak Dicaplok Asing, KKP Sertifikasi Pulau Kecil Terluar

Proses sertifikasi pulau-pulau kecil dan terluar masih kurang dari target yakni enam pulau karena memerlukan waktu yang lama dan proses yang panjang.

NASIONAL

Rabu, 20 Jul 2022 13:18 WIB

pulau kecil

Sertifikasi Pulau Kecil dan Terluar. Capaian Kinerja DJPRL KKP Semester I 2022. (Foto: Tangkapan Layar Youtube KKP)

KBR, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menyertifikasi empat pulau kecil dan terluar hingga pertengahan tahun ini.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Victor Gustaaf Manoppo mengatakan, proses sertifikasi itu masih kurang dari target yakni enam pulau. Victor beralasan, sertifikasi pulau kecil dan terluar memerlukan waktu yang lama dan proses yang panjang.

"Namanya pulau, kita mencapai ke pulau saja itu perlu perjuangan. Belum kita harus membawa tim, kita harus ukur kemudian kita juga sesuaikan dengan teman-teman dari ATR dalam rangka pemrosesan pengeluaran sertifikat pulau-pulau terkecil dan terluar tersebut. Sampai saat ini yang sudah kita keluarkan dan sudah kita proses dan selesai itu adalah 54 sertifikat pulau-pulau kecil atau terluar," ujar Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP, Victor Gustaaf Manoppo dalam Acara Capaian Kinerja Kementerian Kelautan dan Perikanan Semester I tahun 2022 secara daring, Rabu (20/7/2022).

Victor menambahkan, sertifikasi pulau-pulau kecil dan terluar bertujuan memperkuat klaim legal kepemilikan.

Baca juga:

- Ada Bandara Baru, Jokowi Minta Rute Penerbangan ke Sumenep untuk Mudik Lebaran

- Pemkab Banyuwangi Mau Sewakan Pulau ke Investor, Warga Menolak

Data dari KKP menunjukkan, Indonesia memiliki lebih dari 17.500 pulau-pulau kecil. Termasuk, 111 pulau-pulau kecil terluar, dengan rincian 69 pulau berpenduduk dan 42 pulau tidak berpenduduk.

Semuanya dipersatukan laut Indonesia seluas 6,4 juta kilometer persegi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Di sisi lain, Penerimaan Negara Bukan Pajak atau PNBP untuk perizinan dan jasa kelautan serta perikanan sudah mencapai Rp67,6 miliar atau 135,2% dari target Rp50 miliar yang dicanangkan.

Editor: Fadli Gaper

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Laporan Temuan Ombudsman soal Penanganan Bencana

Most Popular / Trending