Wakil Menkes Klaim BOR RS Covid-19 di Jakarta Mulai Datar

Kementerian Kesehatan akan menambah ratusan tempat tidur di sejumlah rumah sakit.

BERITA | NASIONAL

Senin, 19 Jul 2021 08:08 WIB

Author

Yovinka Ayu

Wakil Menkes Klaim BOR RS Covid-19 di Jakarta Mulai Datar

Ilustrasi rumah sakit darurat Covid-19. Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengklaim angka keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 sudah mulai datar dalam beberapa waktu terakhir. Ia mengatakan kondisi itu didukung adanya penambahan sejumlah tempat tidur.

“BOR rumah sakit sudah mulai flat di Jakarta, ini mungkin akibat penambahan tempat tidur yang cukup signifikan, dan angka yang masuk rumah sakit mudah-mudahan kita harapkan beberapa hari ke depan tidak terlalu masif lagi,” kata Dante dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Wakil Menkes, Dante Saksono menyebut, ada penambahan sekitar seribu tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 di Asrama Haji Pondok Gede. Kementerian Kesehatan juga akan menambah ratusan tempat tidur di sejumlah rumah sakit.

“Kami juga akan tambah 300 tempat tidur di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dan sekitar 300-400 tempat tidur di beberapa rumah sakit di Jakarta, sehingga total hampir terdapat penambahan 2 ribu tempat tidur di seluruh Jakarta,” paparnya.

Kebutuhan Oksigen

Selain itu, Dante mengklaim, Kemenkes telah bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19. Sebab kebutuhan kebutuhan oksigen juga meningkat hingga lima kali lipat, dari semula hanya 400 ton per hari. Hal itu terjadi seiring melonjaknya kasus positif Covid-19 di tanah air.

“Dengan kerja sama itu, kami sudah melakukan konversi dari penggunaan industri yang tadinya besar, menjadi sekitar 90 persen digunakan untuk kebutuhan oksigen medis, sehingga sekarang hanya tinggal 10 persen untuk kebutuhan industri,” tuturnya.

Dante menambahkan, Kemenkes juga akan menambah 20 ribu hingga 30 ribu oksigen konsentrator yang diperkirakan dapat menyuplai 600 ton oksigen per hari.

Editor: Sindu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10