covid-19

RS Lapangan Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede Dibuka Rabu

BERITA | NASIONAL

Senin, 05 Jul 2021 14:37 WIB

RS Lapangan Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede Dibuka Rabu

Petugas menyemprotkan cairan disinfektan kamar bagi jamaah Haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis (3/6/2021). (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/foc)

KBR, Jakarta - Rumah Sakit Lapangan di Asrama Haji Pondok Gede mulai dibuka menerima pasien Covid-19 pada Rabu lusa. 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, rumah sakit lapangan ini disiapkan untuk menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Nantinya, rumah sakit akan difungsikan untuk pasien intensif, gejala sedang, dan asrama untuk tenaga kesehatan yang bertugas.

"Rumah sakit, Prof Kadir (Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes) sekarang sedang dalam proses untuk menambah sekitar 900 bed di Wisma Haji di Pondok Gede. Dan InsyaAllah ini sedang dikerjakan mulai hari ini atas instruksi Pak Menko Marves Pak Luhut. Dan hari Rabu diharapkan sudah bisa menerima pasien," kata Budi dalam konferensi pers daring di kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin (5/7/2021).

Budi menjelaskan, satu gedung nantinya akan difungsikan untuk perawatan intensif pasien Covid-19. Sedangkan lima gedung untuk gejala sedang dan dua gedung untuk asrama perawat.

Pemanfaatan ruangan akan memperhatikan zona risiko, sirkulasi udara; akses lalu-lintas petugas, pasien, logistik, serta barang.

Budi menyebut, tenaga kesehatan yang ditugaskan di RS Lapangan ini akan didatangkan dari daerah yang angka kasusnya rendah.

"Dan untuk orang-orangnya, tenaga kesehatannya kita sudah mendatangkan para tenaga kesehatan dari daerah-daerah yang Covid-19-nya tidak terlalu tinggi, seperti beberapa daerah di Sumatra dan Kalimantan. Nanti semua perawat dan dokter ini akan kita inapkan di satu gedung di wisma haji juga, sehingga dengan demikian mereka bisa merawat," ujarnya.

"Sehingga 900 tempat tidur dan ada 50 ICU juga yang sudah dibangun dengan Kementerian BUMN, yang mudah-mudahan bisa selesai Hari Selasa," imbuhnya.

Editor: Wahyu Setiawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Niatan Berantas Intoleransi di Lingkungan Pendidikan

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11