BERITA

Pemerintah Yakin Pertumbuhan Ekonomi Semester I Sekitar 3 Persen

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan pertumbuhan ekonomi pada semester I 2021 berkisar di angka 3 persen. 

Dia optimistis pemulihan ekonomi akan terakselerasi pada kuartal dua tahun ini, setelah pada kuartal pertama minus.

"Sehingga keseluruhan semester I itu pertumbuhannya adalah di 3,1 hingga 3,3. Yaitu kuartal 1 minus 0,7, kuartal kedua kita masih memperkirakan atau memproyeksikan pertumbuhan ekonomi ada di sekitar 7 persen. Sehingga realisasi semester I adalah di 3,1 hingga 3,3 persen," kata Sri Mulyani dalam keterangan pers, Senin (5/7/2021).

Sri Mulyani menyebut, langkah pengetatan dalam mengendalikan pandemi Covid-19, bisa berdampak pada outlook di semester kedua nanti. 

Realisasi semester kedua, kata dia, bergantung pada kondisi kasus di pertengahan tahun ini.

Jika pandemi bisa dikendalikan pada Juli dan aktivitas berjalan normal pada Agustus, dia yakin ekonomi msaih bisa tumbuh di atas 4 persen. Namun apabila kasus Covid-19 tak menurun, pertumbuhan ekonomi di kuartal ketiga bisa turun.

"Namun apabila restriksinya cukup panjang karena (kasus) Covid-19 masih sangat tinggi, maka pertumbuhan ekonomi untuk kuartal ketiga bisa turun di sekitar 4 persen. Ini yang harus kita waspadai," ujarnya.

Editor: Agus Luqman

  • Pertumbuhan Ekonomi
  • Covid-19
  • pandemi
  • Sri Mulyani

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!