Libatkan SMK, Nadiem Gagas Perakitan Laptop Buatan Dalam Negeri

"Di tahap awal ini setidaknya 400 SMK dan politeknik, akan terlibat dalam ekosistem laptop PDN ini."

BERITA | NASIONAL

Kamis, 22 Jul 2021 19:25 WIB

Author

Resky Novianto

Libatkan SMK, Nadiem Gagas Perakitan Laptop Buatan Dalam Negeri

Siswa SMK di Bandung, Jawa Barat memproduksi lampu. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim mengatakan, 400 siswa SMK dan mahasiswa Politeknik, akan dilibatkan dalam praktik perakitan laptop produk dalam negeri.

Selain itu, kementeriannya juga akan menggunakan produk teknologi informasi dan komunikasi buatan dalam negeri. Termasuk untuk menyukseskan program digitalisasi sekolah, yang melibatkan 12 ribu sekolah dengan sebanyak 190 ribu laptop produk dalam negeri.

"Beberapa perguruan tinggi ini sedang merancang produk (dalam negeri) ini, baik ITB, ITS, UGM, ada konsorsium laptop merah putih. Selain itu, Kemendikbud Ristek juga melibatkan peserta SMK dalam perakitan dan menjadi tenaga aftersales service. Di tahap awal ini setidaknya 400 SMK dan politeknik, akan terlibat dalam ekosistem laptop PDN ini," ucap Nadiem dalam Konferensi Pers Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri pada Sektor Pendidikan, Kamis (22/7/2021).

Nadiem juga mengatakan, akan terus mendorong kolaborasi antara institusi pendidikan dengan industri, dalam menghasilkan suatu produk inovasi. Mulai dari SMK hingga perguruan tinggi, baik vokasi maupun akademik, akan turut berpartisipasi dalam menghasilkan produk inovasi anak bangsa sendiri.

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Lambannya Pencairan Bansos di masa PPKM Darurat

Kabar Baru Jam 8

Platform Para Pekerja untuk Saling Berbagi

Kabar Baru Jam 10