BERITA

Kemenkes: Pasien Isolasi Mandiri Harus Tetap Dalam Pengawasan Medis

"Pengawasan terhadap pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri itu untuk mencegah memburuknya kondisi kesehatan pasien."

Kemenkes: Pasien Isolasi Mandiri Harus Tetap Dalam Pengawasan Medis
Petugas kesehatan masuk area isolasi mandiri di Desa Dauh Puri Kaja, Denpasar, Bali, Kamis (1/7/2021). (Foto: ANTARA/Nyoman Hendra)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan menegaskan pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri harus tetap berada dalam pengawasan tenaga kesehatan.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Ditjen P2P di Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan pengawasan terhadap pasien COVID-19 yang sedang isolasi mandiri itu untuk mencegah memburuknya kondisi kesehatan pasien.

Jika seseorang terkena Covid-19 dan memiliki riwayat penyakit penyerta atau mengalami pemburukan kondisi kesehatan, kata Nadia, maka harus dibawa ke rumah sakit rujukan COVID-19 atau isolasi terpusat.

Nadia menambahkan pemerintah melalui tenaga kesehatan juga melakukan sejumlah upaya untuk memantau pasien yang melakukan isolasi mandiri.

"Mekanisme yang selama ini kita ketahui, yakni masyarakat yang hasil labnya positif dia akan melakukan isolasi mandiri, bekerjasama dengan satgas setempat melalui RT RW. Lalu akan dihubungkan ke Puskesmas. Nanti Puskesmas akan mengkontak pasien melalui Whatsapp atau melalui telepon untuk memastikan masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan dibantu satgas nanti akan diberikan obat selama isolasi mandiri," kata Nadia saat diskusi di siaran langsung instagram Kemenkes, Senin (12/7/2021).

Upaya lainnya, kata Nadia, adalah melalui layanan kesehatan digital Telemedicine yang beberapa waktu lalu diluncurkan pemerintah. Melalui layanan ini, pasien yang menjalani isolasi mandiri bisa berkonsultasi dan mendapatkan obat gratis.

Meski saat ini baru diakses di Jakarta dan sekitarnya, Nadia mengatakan, ke depan layanan ini akan diterapkan di wilayah lain.

Pemerintah juga berupaya menambah tempat untuk isolasi terpusat. Caranya mulai dari mengkonversi rumah sakit untuk perawatan pasien Covid, menyediakan tenda darurat, hingga rumah sakit lapangan untuk menampung pasien Covid yang jumlahnya melonjak belakangan ini di sejumlah daerah.

Nadia menambahkan, pemerintah akan terus berupaya menjaga ketersediaan obat Covid-19. Pemerintah berkoordinasi dengan semua pihak untuk memastikan distribusi obat merata sehingga tidak terjadi kelangkaan di masyarakat.

Editor: Agus Luqman

  • COVID-19
  • pandemi
  • Isolasi Mandiri
  • vaksinasi
  • Telemedicine
  • Satgas Covid-19

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!