BERITA

Pencairan Gaji ke-13 Menunggu Aturan Ini Rampung

Pencairan Gaji ke-13 Menunggu Aturan Ini Rampung

KBR, Jakarta- Pemerintah akan mencairkan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), Polri, TNI, dan pensiunan, Agustus mendatang. 

Namun, gaji ke-13 tidak diberikan kepada pejabat negara eselon I, eselon II, dan pejabat yang setingkat. Sama seperti pada Tunjangan Hari Raya (THR) yang lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan keputusan ini diambil mempertimbangkan tekanan ekonomi yang dirasakan masyarakat, utamanya pada kuartal III. 

Ia berharap, gaji ke-13 bisa membantu memulihkan perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

"Pemerintah menganggap bahwa pelaksanaan untuk gaji ke-13, sama seperti THR, bisa dilakukan untuk bisa menjadi bagian dari stimulus ekonomi atau mendukung kemampuan dari masyarakat di dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya, terutama dikaitkan dengan tahun ajaran baru dan juga dalam kondisi di mana Covid-19 mungkin meningkatkan beberapa belanja yang dilakukan oleh ASN, TNI, Polri, dan pensiunan," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers secara daring, Selasa (21/7/2020).

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjelaskan, anggaran untuk gaji ke-13 berjumlah Rp28,5 triliun. 

Anggaran itu bersumber dari APBN untuk gaji, tunjangan ASN, dan pensiunan, serta dari APBD daerah.

Kata dia, pencairan gaji ke-13 menunggu revisi Peraturan Pemerintah. Sebab, terjadi perubahan, yakni pejabat negara eselon I, eselon II, dan pejabat setingkat yang tidak ikut menerima. 

"Untuk pelaksanaan ini, kami akan melakukan koordinasi dengan Menpan RB di dalam perubahan PP, yang diharapkan bisa selesai pada waktu 1-2 minggu. Sehingga pada bulan Agustus kita akan bisa melakukan pelaksanaan pembayaran gaji ke-13 untuk seluruh ASN, TNI, Polri, dan pensiunan," ujarnya.

"Nanti di dalam pelaksanaannya, tentu kita akan terus memonitor, terutama tadi perubahan PP 35 dan PP 38 untuk bisa disegerakan. Dan pelaksanaan di setiap kementerian, lembaga, maupun daerah, kita akan monitor mulai bulan Agustus nanti," pungkasnya. 

Editor: Sindu Dharmawan

 

  • Gaji ke-13
  • Menteri Keuangan
  • covid-19
  • Sri Mulyani
  • Kemenpan-rb

Komentar (3)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • berliana4 years ago

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, dan raih berbagai macam promonya, langsung saja daftar Di ninjajadul.com

  • MRS GLORIA2 years ago

    SELAMAT TAHUN BARU! SELAMAT TAHUN BARU!! SELAMAT TAHUN BARU!!! DAPATKAN PENAWARAN PELUANG PINJAMAN DENGAN BIAYA MURAH UNTUK TAHUN BARU INI....... Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin mewujudkan impian Anda dengan dana? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda? Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena biaya/persyaratan pinjaman yang tinggi? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah? Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas. Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana. JENIS PINJAMAN KAMI Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan. Data pelamar: 1) Nama Lengkap: 2) Negara 3) Alamat: 4) Jenis Kelamin: 5) Pekerjaan: 6) Nomor telepon: 7) Posisi saat ini di tempat kerja: 8 Pendapatan bulanan: 9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: 10) Jangka waktu pinjaman: 11) Apakah Anda melamar sebelumnya: 12) Tanggal Lahir: Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email: {[email protected]} atau Nomor WhatsApp: +1(815) 427-9002 Salam Hormat

  • ossa stanley2 years ago

    Selamat datang di Perusahaan Pinjaman Rossa Stanley Hubungi perusahaan pinjaman dengan rekam jejak pencairan pinjaman dan daftar global penguji pinjaman di seluruh dunia, di perusahaan pinjaman rossa stanley stabilitas keuangan Anda adalah tujuan kami, kami memberikan pinjaman kepada 1) Individu 2) Badan korporat 3) Perseroan terbatas. 4) pinjaman pribadi. 5) Pinjaman investasi. 6) Pinjaman Konstruksi. 7) Pinjaman Hipotek. Hubungi kami sekarang melalui media berikut, Email: [email protected] atau [email protected] Manajer Operasi  Telepon/whatsapp/telegram (+1) 213-315-.3118 Instagram Resmi: rossastanleyloan Twitter Resmi: Rossastanlyloan Facebook Resmi: Rossa Stanley Favor Mendaftar secara online di www.rossastanleyloan.org ATAU Isi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan segera membalas Anda, Kami tersedia 24 jam setiap hari. DATA PEMOHON 1) Nama Lengkap: 2) Tanggal lahir: 3) Alamat: 4) Nomor jaminan sosial: 5) Nomor Whatsapp: 6) Pekerjaan: 7) Nomor Telepon: 8) Posisi di tempat kerja: 9) Pendapatan Bulanan: 10) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: 11) Durasi Pinjaman: 12) nama Facebook: 13) Status Pernikahan: 14) Agama: 15) Negara: 16) Jenis Kelamin: 17) Nomor Jaminan Sosial [SSN] 18 Apakah Anda pernah mengajukan pinjaman sebelumnya?,Jika ya  mohon sebutkan nama  perusahaan pinjamannya SALAM, Nyonya Rossa Stanley.