BERITA

2020-07-06T13:12:00.000Z

Cegah Penularan Covid, Menag Imbau Anak dan Orang Tua Tak Ikut Salat Iduladha

""Dianjurkan kepada anak-anak maupun orang tua jangan ikut salat Iduladha,""

Cegah Penularan Covid, Menag Imbau Anak dan Orang Tua Tak Ikut Salat Iduladha
Ilustrasi: Pemeriksaan hewan kurban. (KBR/Muji L.)

KBR, Jakarta- Kementerian Agama RI telah menerbitkan Surat Edaran Menag Nomor 18 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, surat edaran tersebut mengizinkan masyarakat untuk melaksanakan salat Iduladha dan melaksanakan kurban dengan syarat. 

Kata dia, semisal menerapkan protokol kesehatan yang ketat, dan berada pada zona aman Covid-19 sesuai pemantauan Gugus Tugas Covid-19 daerah tersebut.

"Sebelum salat, tempatnya itu harus dibersihkan. Disemprot disinfektan. Kemudian diusahakan gate masuknya terbatas mungkin satu atau dua. Sehingga pada saat masuk bisa dicek suhunya. Kemudian dianjurkan kepada anak-anak maupun orang tua jangan ikut salat Iduladha," kata Menteri Fachrul dalam video yang diterima KBR pada Senin (6/7/2020).

Menteri Agama Fachrul Razi menambahkan, mekanisme pelaksanaan kurban juga harus mengikuti protokol kesehatan. Semisal dengan mengharuskan anggota panitia kurban membawa alatnya masing-masing.

Selain itu juga menghindari pembagian daging kurban dengan mengumpulkan warga atau membuat kerumunan.  Menag meminta agar panitia kurban membagikan daging kurban dari pintu ke pintu atau mendatangi penerima kurban.

Berita Terkait: Kemenag: Salat Ied Berjamaah Ditiadakan

Editor: Rony Sitanggang

  • Idulfitri
  • ramadan
  • COVID-19
  • MUI
  • iduladha
  • fachrul razi

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • anita4 years ago

    Dupa88 juga memberikan banyak Promo Bonus Istimewa yang tiada duanya antara lain : * Bonus REfferal Hingga 5% * Welcome Cashback 100 % ( kalah Perdana di ganti 100% ) * Bonus Hadir * Bonus New Member 100 % hingga IDR 2.000.000,- * Cashback Mingguan Terbesar 7 % * Bonus Next Depo Yang Bisa di Klaim berkali-kali hingga IDR 1.000.000,- Dan masih Banyak Lagi... langsung join <a href="https://dupa88.co/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Dupa88</a> di tambah lagi deposit sekarang bisa menggunakan OVO, langsung saja daftarkan diri anda dan raih bonusnya. bila ada keluhan langsung hubungi CS kami yang melayani anda 24 jam nonstop !!!