192 Orang Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK, Termasuk Tiga Calon Inkumben dan 13 Polisi

Selama berjalannya proses seleksi, Pansel tetap menunggu masukan dan berbagai informasi tentang capim yang lolos seleksi administrasi, mulai 11 Juli hingga 30 Agustus 2019.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 11 Jul 2019 15:09 WIB

Author

Dian Kurniati

192 Orang Lolos Seleksi Administrasi Capim KPK, Termasuk Tiga Calon Inkumben dan 13 Polisi

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

KBR, Jakarta- Panitia seleksi calon pimpinan KPK mengumumkan 192 orang dari 376 orang pendaftar lolos seleksi administrasi. Peserta yang lolos tersebut berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari akademisi, jaksa, polisi, hingga pegawai KPK. Tiga di antaranya adalah tiga calon pimpinan inkumben KPK, yakni Alexander Marwata, Basaria Panjaitan, dan Laode Muhammad Syarif.

Ketua Pansel KPK Yenti Ganarsih mengatakan, dari pendaftar yang lolos seleksi administrasi Pansel KPK tersebut, terdapat 18 orang berlatar belakang jaksa, 13 orang polisi, 9 orang auditor, dan 13 komisioner dan pegawai KPK. 

"Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, diwajibkan mengikuti seleksi tahap berikutnya, yaitu uji kompetensi yang meliputi objective test dan penulisan makalah. Panitia seleksi juga mengharapkan masukan secara tertulis dari msyarakat terhadap nama-nama pendaftar calon pimpinan yang dinyatakan lulus seleksi administrasi," kata Yenti di gedung Sekretariat Negara, Kamis (11/7).

Sementara sisanya adalah akademisi, advokat, korporasi, dan lainnya. Selain tiga calom pimpinan inkumben KPK, beberapa nama populer lain yang lolos seleksi administrasi di antaranya bekas Kepala BNN Anang Iskandar, Wakil Kepala Bareskrim Polri Antam Novambar, dan anggota Kompolnas Andrea Poeloengan.

Anggota Pansel Capim KPK Harkristutsi Harkrisnowo menambahkan, uji kompetensi yang akan digelar pekan depan akan menggali secara detail pengetahuan pendaftar tentang tugas, kewenangan dan semua hal yang berkaitan dengan KPK dan korupsi. 

Sehingga, kata dia, pendaftar akan banyak ditanyai tentang ruang lingkup tindak pidana korupsi, mulai dari penindakan, pencegahan, serta supervisi dan koordinasinya. 

Selama berjalannya proses seleksi, Pansel tetap menunggu masukan dan berbagai informasi tentang capim yang lolos seleksi administrasi, mulai 11 Juli hingga 30 Agustus 2019.

Editor: Sindu Dharmawan

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

News Beat

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19