BERITA

Fahri Hamzah Desak Jokowi Evaluasi KPK dan Komnas HAM

Fahri Hamzah Desak Jokowi Evaluasi KPK dan Komnas HAM
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. (Sumber: DPR)

KBR, Jakarta- Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mengusulkan kepada Pemerintah untuk mengevaluasi 106  lembaga nonstruktural. Ia mengatakan, lembaga itu termasuk Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Jadi Presiden saya minta tolong, dia yang bertanggung jawab sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, evaluasilah jalannya lembaga-lembaga negara ini. Pakai akal kita dong. Jangan pakai emosi, jangan pakai mitos, jangan pakai fiksi-fiksi, tebarkan itu di atas meja kita bahas bersama-sama," kata Fahri di Komplek Parlemen RI, Selasa (04/07/17).


Ia melanjutkan, "Masih ada 106 lembaga semi Negara yang pekerjaannya tumbang tindih dengan lembaga yang ada dalam Negara. Itu harus dievaluasi. Kalau lembaga intinya sudah kuat buat apa?"


Menurut Fahri, pekerjaan Komnas HAM tumpang tindih dengan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (HAM) di Kementerian Hukum dan HAM. Ia mengusulkan Komnas HAM dilebur dengan Ditjen HAM.


"Kalau Komnasham banyak masalah, itu karena sistemnya belum bagus," ujarnya.


Sementara untuk penegak hukum, kata Fahri, negara telah memiliki Kepolisian, Kejaksaan, dan pengadilan. Ia menilai, sebaiknya lembaga-lembaga negara ini yang diperkuat.


"Yang penting evaluasi, rekomendasi belakangan," kata Fahri.


Editor: Rony Sitanggang

  • Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah
  • KPK
  • Komnas HAM
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!