HEADLINE

Satgas Karhutla Riau Segel 40 Hektar Lahan Terbakar

"Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, sempat terjadi kebakaran di lahan tersebut selama lima hari sebelum dipadamkan oleh satgas gabungan."

Satgas Karhutla Riau Segel 40 Hektar Lahan Terbakar
Ilustrasi: Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Satgas pencegahan kebakaran hutan dan lahan Riau menyegel lahan seluas sekitar 40 hektar di Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Kawasan di Kecamatan Bangko itu diduga masuk dalam konsesi PT Sumatera Riang Lestari (SRL).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger mengatakan, sempat terjadi kebakaran di lahan tersebut selama lima hari sebelum dipadamkan oleh satgas gabungan.

"Kemarin kita sudah langsung lakukan penyegelan sehingga sebagai efek jera," ungkap Edwar kepada KBR, Sabtu (2/7/2016).

Kata dia, diduga kuat ada unsur kesengajaan dan saat ini tengah diselidiki oleh Polda Riau. Menurutnya, segel akan dilepas apabila proses penyelidikan telah selesai.

"Jadi kami kemarin sudah melakukan semacam operasi, kita sudah sepakat satgas melakukan operasi gakkum, bagi pembakar karhutla ini, dan itu kita buktikan dengan kita sudah menyegel tempat-tempat yang memang sengaja kita indikasi untuk dibakar, di wilayah Rokan Hilir," imbuh Edwar.

Edwar Sanger menambahkan, satgas terus memantau sejumlah wilayah yang berpotensi menjadi target pembakaran, utamanya di wilayah pesisir seperti Bengkalis dan Meranti. Ia menegaskan timnya tetap bersiaga selama libur lebaran.

"Kami intensifkan patroli terpadu terutama di daerah pesisir seperti Rokan Hilir, Meranti, Bengkalis, kita galakkan apalagi H+2 dan H-2 Idul Fitri, dianggap mungkin kita lengah," ujar Edwar.

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut telah menyiapkan tambahan dana patroli khusus untuk 20 desa yang terbakar dan rawan kebakaran di sejumlah wilayah di Riau.

"Untuk antisipasi menjelang dan selama Idul Fitri di Riau, sudah disiapkan patroli terpadu dengan menambah dana patroli khusus untuk 20 desa yang terbakar dan rawan terbakar di Kabupaten Rohil, Kampar dan Pelalawan. Piket tiap hari di posko KLHK juga tetap berlangsung tanpa libur," kata Siti di laman Facebook-nya.




Editor: Nurika Manan

  • kebakaran hutan dan lahan karhutla
  • Karhutla Riau
  • Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger
  • Edwar Sanger
  • kebakaran hutan dan lahan
  • kebakaran hutan riau
  • Rokan Hilir

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!