BERITA

Rabu Besok, Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPT & Kepala BPOM

""Namanya ditunggu aja besok saat pelantikan," kata Menseskab Pramono Anung."

Rabu Besok, Presiden Jokowi Lantik Kepala BNPT & Kepala BPOM
Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo. (Foto: setkab.go.id)


KBR, Jakarta
- Presiden Joko Widodo bakal melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang baru untuk menggantikan Tito Karnavian. Sebelumnya, Tito merangkap jabatan Kepala BNPT sejak dilantik menjadi Kapolri pada 13 Juli lalu.

Menteri Sekertaris Kabinet, Pramono Anung mengatakan, selain melantik Kepala BNPT Presiden Jokowi juga bakal melantik Kepala Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) yang baru.


Pelantikan Kepala BNPT dan Kepala BPOM akan dilakukan Rabu (20/7/2016) pagi di Istana Negara.


"Untuk itu besok (Rabu) Presiden direncanakan melantik kepala BNPT yang baru, sekaligus pelantikan kepala BPOM yg baru," kata Pramono kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (19/7/2016).


Meski demikian dia enggan membuka nama siapa yang bakal mengisi posisi dua lembaga negara tersebut. Pramono hanya mengatakan Presiden Jokowi berharap dua orang tersebut bisa menjalankan tugasnya dengan baik di tempat barunya nanti.


"Namanya ditunggu aja besok saat pelantikan. Mudah-mudahan dengan demikian persoalan penanganan masalah terorisme juga makin terorganisir dengan baik antara TNI, BNPT, kemudian Polri dan penegak hukum lain," ujarnya.


Baca: Kapolri Tito: Kami Evaluasi Sendiri Penanganan Terorisme


Kepala BNPT, Tito Karnavian, beberapa waktu yang lalu sudah dilantik Presiden menjadi Kapolri menggantikan Badrodin Haiti yang sudah memasuki masa pensiun. Sejak pelantikan tersebut, Tito merangkap jabatan di BNPT.


Sejumlah nama sempat disebut sebagai calon kuat Kepala BNPT yang baru. Salah satu nama yang santer bakal menggantikan posisi Tito Karnavian adalah Suhardi Alius, senior Tito dari Akpol angkatan 1985. Saat ini ia menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas).


Istana berharap pergantian Kepala BNPT bisa benar-benar menyelesaikan masalah terorisme di Indonesia. Indonesia masih jadi target operasi teroris. Itu terlihat dari aksi bom bunuh diri pada Selasa (5/7/2016) lalu di Mapolres Surakarta Jawa Tengah.


Baca: BNPT: Pelaku Bom Solo Berencana Meneror Natal dan Tahun Baru 2015

Presiden Joko Widodo menilai eskalasi ancaman teroris terus meningkat, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia.


Dalam pertemuan dengan Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala BIN Sutiyoso, dan Ketua PPATK M. Yusuf, Presiden ingin lembaga terkait terorisme bekerja terpadu dan terintegrasi.


Begitu juga dengan tugas kepala BPOM ke depan. Akhir-akhir ini masyarakat dibuat khawatir dengan terungkapnya bisnis vaksin palsu di beberapa rumah sakit, bidan, dan klinik.


Editor: Agus Luqman  

  • Tito Karnavian
  • Kapolri
  • Kepala BNPT
  • pemberantasan terorisme
  • ancaman terorisme
  • terorisme
  • terduga teroris
  • bom bunuh diri

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!