BERITA

Prototipe Mobil Esemka Bakal Uji Emisi Usai Lebaran

Prototipe Mobil Esemka Bakal Uji Emisi Usai Lebaran

KBR, Jakarta- Prototipe mobil Esemka bakal menjalani uji emisi oleh Kementerian Perhubungan, usai Lebaran nanti. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, saat ini Esemka sedang menyiapkan fasilitas produksinya. Putu berujar, semua izin industri untuk mobil itu sudah beres. 

"Sedang menyiapkan fasilitas produksinya. Kalau semua izin-izin industri, semua sudah selesai. Tinggal mereka sekarang menyiapkan prototipe untuk diuji di Kementerian Perhubungan," kata Putu di kediaman Menteri Perindustrian Saleh Husin, Rabu (06/07/16).

"Berarti habis liburan ini mereka seharusnya sudah mengirim prototipe-nya ke Kementerian Perhubungan," ujarnya lagi.

Putu mengatakan, Kementerian Perindustrian memberikan dukungan penuh agar Esemka bisa diproduksi massal. Menurut Putu, kementeriannya tidak banyak terlibat dalam pengurusan izin produksi mobil itu. Pasalnya, kini Esemka sudah digandeng oleh swasta.

Saat ini, mobil Esemka yang sempat dipopulerkan Presiden Joko Widodo menuju proses produksi massal. Perusahaan yang akan memproduksi mobil itu adalah inisiatornya sendiri, yakni PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), bersama PT Adiperkasa Citra Esemka Hero. Rencananya, mobil Esemka akan resmi diluncurkan pada Agustus tahun ini. Mobil itu akan bersaing di pasar mobil komersial.

Editor: Dimas Rizky

  • mobil esemka
  • Presiden Joko Widodo
  • mobil

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!