Bagikan:

Potensi Hujan, BMKG Imbau Pemudik yang Jalan Malam Diminta Waspada

"Potensi hujan, sore hingga malam, dini hari. Waspada yang jalan malam. Kalau habis hujan kan jalan licin. Pastikan kondisi kendaraan prima, ban enggak botak."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 05 Jul 2016 14:19 WIB

Author

Ria Apriyani

Potensi Hujan, BMKG Imbau Pemudik yang Jalan Malam Diminta Waspada

Seorang petugas sedang menunjukkan monitor yang menampilkan prakiraan gelombang di Pelabuhan Kendari, Sulawesi Tenggara. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Badan Meterorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan mengguyur sejumlah daerah di Indonesia mulai sore nanti, Selasa (5/7/2016). Di antaranya Depok, Bogor dan Sulawesi Selatan.

Itu sebab, Kepala Bidang Layanan Informasi Cuaca BMKG Eachri Radjab mengimbau warga yang masih melakukan perjalanan ke kampung halaman agar tetap waspada. Apalagi, bagi pemudik yang menempuh perjalanan malam.

"Kalau untuk transportasi arus mudik dari sisi cuaca relatif aman. Potensi hujan, sore hingga malam, dini hari. Waspada yang jalan malam. Kalau habis hujan kan jalan licin. Pastikan kondisi kendaraan prima, ban enggak botak," kata Fachri di Jakarta, Selasa (5/7/2016).

Sementara cuaca pada pagi hingga siang hari diperkirakan cerah. Prakiraan yang sama juga berlaku untuk Rabu (6/7/2016) besok.

"Kalau besok pagi sih saat pelaksanaan solatnya, enggak ada potensi hujan. Mungkin yang perlu diwaspadai siang hingga sorenya. Kalau di Jabodetabek bagian selatan seperti Depok dan Bogor.  Ada potensi hujan sore hingga malam. Di luar Jawa, Sulawesi bagian Selatan kemudian Papua," imbuhnya.

Sementara untuk moda transportasi penyeberangan, kata dia, hingga Rabu (6/7/2016) besok diperkirakan masih aman. Hasil pantauan BMKG menunjukkan ada potensi gelombang setinggi 2,5 hingga 4 meter di perairan barat Sumatera yakni Bengkulu dan Lampung, bagian selatan Jawa, hingga ke Nusa Tenggara Barat. Namun potensi gelombang tinggi itu terjadi di perairan lepas.

Sementara untuk perairan selat seperti Selat Sunda, tinggi gelombang antara 1,5 hingga 2 meter. Kisaran ini masih tergolong aman bagi para pemudik yang ingin menyeberang.



Editor: Nurika Manan

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Pemerintah Mengatasi KLB Polio